Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Desember 7, 2019
Halaman Home » Entertainment » Mahasiswa USU, Haris Nasution: Suara Cempreng Juga Bisa Nge-MC
  • Follow Us!

Mahasiswa USU, Haris Nasution: Suara Cempreng Juga Bisa Nge-MC 

MASYARAKAT modern saat ini sangat sering menyelenggarakan event-event menarik baik yang formal ataupun acara non formal sejenisnya. Setiap event tersebut memerlukan pemandu acara yang disebut Master of Ceremony (MC).

Tak banyak orang yang mampu memandu sebuah acara dengan baik dan mampu menghibur serta menghidupkan suasana acara. Salah satu Mahasiswa USU, M. Haris Nasution merupakan sosok yang pas menjadi seorang MC.

Lelaki yang akrab disapa Haris ini mulai belajar MC sejak ia dibangku sekolah tepatnya kelas 2 SMA. Ia juga menerima beberapa panggilan MC untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun, dan event-event komunitas yang ada pada saat itu.

Haris merupakan mahasiswa aktif di USU stambuk 2012 dan berada dalam program studi Ilmu Komunikasi S-1. Ia patut dijadikan contoh karena termasuk dalam mahasiswa yang menjalani karir sesuai dengan bidang yang didalaminya. Sebab tak banyak mahasiswa yang mampu menggunakan program studinya sebagai pekerjaannya.

Awal karir sebagai MC oleh lelaki kelahiran Medan, 10 Desember 1994 ini tidaklah mudah. Banyak pengalaman yang didapatnya, ia bercerita bahwa ia mulai menerima job-job nge MC untuk acara besar sejak tahun 2013.

Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan olehnya adalah pengalaman pertama saat menerima kontrak sebagai MC di Amaliun Food Court. Sampai saat ini ia masih berstatus MC tetap di tempat tersebut. Pertama kali nge MC disana Haris mengaku merasa sangat garing dan salah kostum.

Ia mengenakan kemeja dan celana jeans saja, sementara teman MC yang lain mengenakan pakaian steady seperti layaknya seorang MC.

Kepada Beritaekspres.com, ia juga menuturkan bahwa ia merasa sangat garing ketika mencoba memainkan perasaan penonton dengan meminta tepuk tangan dari penonton tetapi mereka hanya peduli dengan makanan mereka. Kejadian itu membuatnya cukup merasa malu, tapi tidak menjadi penghalang buatnya untuk terus belajar.

Sarannya, ketika kita me MC suatu acara ada baiknya kita memahami terlebih dahulu siapa khalayak kita. Apakah mereka penonton yang aktif ataukah penonton pasif seperti ditempat makan seperti itu. Hebatnya lagi, Haris belajar nge-MC secara otodidak mengandalkan teori-teori di kelas yang diperolehnya.

Belajar dari pengalamannya ia terus berusaha memiliki tampilan yang kece/keren serta mampu memandu suatu acara dengan menghibur penonton sesuai dengan situasinya. Ia juga telah belajar dan kini memiliki kemampuan Public Speaking yang baik sehingga memudahkannya untuk berbicara didepan khalayak yang banyak.

Meski belum menembus prestasi nasional, sosok Haris patut dijadikan motivasi. Penghasilan yang diperolehnya dalam ber MC, serta kegiatan lain dalam dunia siaran radio membuatnya tidak lagi meminta biaya hidup dari orang tuanya. Segala sesuatunya membuat ia mandiri serta mampu mempertahankan Indeks Prestasi perkuliahan yang stabil yakni di atas 3,2.

Tidak hanya itu, ia memperoleh beasiswa untuk perkuliahannya sehingga semakin meringankan biayanya dalam bersekolah di perguruan tinggi. Satu-satunya penyemangat hidupnya dan yang menjadi motivasi terbesarnya adalah kedua orangtuanya. Ia bertekad untuk membanggakan orang tuanya serta menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya. (RED)

PROFILE CLIENT

Picture3DATA PRIBADI

Nama                           : M Haris Nasution

Tempat/Tanggal Lahir  : Medan, 10 Desember 1994

Status                           : Belum Menikah

Alamat                         : Jl.Bunga Teratai No.51 P.Bulan Selayang II Medan

Warga Negara              : Indonesia

Agama                         : Islam

No.HP/Telp                     : 085206907570

Sosmed                             :

  1. Bbm : 5B9D9C25
  2. Line :  arisnasution19

RIWAYAT PENDIDIKAN

Formal

Tahun 2000 – 2006 tamat dari MIS AL-HIDAYAH Medan

Tahun 2006 – 2009 tamat dari SMP Negeri 10 Medan

Tahun 2009 – 2012 Tamat dari SMA Dharma Pancasila

Tahun 2012 – Sekarang Kuliah di Universitas Sumatera Utara

Non Formal

Tahun 2012 – 2013  kursus Bahasa Inggris di Double Eight English Medan

PENGALAMAN BEKERJA :

September 2013 – Juli 2014 Penyiar di Radio 107,7 USUKOM FM

April 2014 – Mei 2014 Penyiar di Radio Sonya FM

Juli 2014 – Mei 2015 Penyiar di Radio Suara Medan FM

September 2015 – Sekarang Penyiar di Radio LIPS FM

Juni 2013 – Sekarang Master of Ceremony (Freelance)

PRESTASI

Best acting yamaha goes to school 2011

Juara 3 Sonya Presenter Hunt 2014

Juara 1 Live Reporting Dies Natalis Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi

Pembangunan 2015

Juara 1 Live Reporting Pesta Komunikasi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU 2015

Juara 3 Live Reporting Mahasiswa se-Sumatera Utara di UIN-SU 2015

KETERANGAN LAIN

Hobby                         : Browsing, Dengerin Musik, Online Via Sosial Media

Comments

comments