Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 5, 2019
Halaman Home » Entertainment » Sidang Perdana, Artis Saipul Jamil Terancam Pasal Berlapis
  • Follow Us!

Sidang Perdana, Artis Saipul Jamil Terancam Pasal Berlapis 

BERITA JAKARTA – Sidang perdana kasus dugaan pencabulan yang dilakukan artis Saipul Jamil digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Kamis (21/4/2016) kemarin, dipimpin Hakim Ketua Ifa Sudewi dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dado Akroni.

Sebelum persidangan dimulai, Majelis Hakim memberikan kesempatan kepada awak media untuk mengambil gambar terdakwa. “Silahkan kepada rekan-rekan wartawan untuk mengambil gambar sebelum sidang ini dimulai, karena sidang ini sidang tertutup,” kata Ketua Majelis Hakim.

Usai sidang Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi memberikan penjelasan kepada awak media bahwa, Saiful Jamil terancam pasal berlapis yaitu, pasal 76 huruf E dan pasal 82 ayat (1) Undang – Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun dan denda Rp1 Milyar.

“Saiful, terancam pasal berlapis dakwaan alternatif kedua pasal 290 soal pencabulan dengan ancaman 7 tahun penjara dan alternatif ketiga pasal 292 ancaman 5 tahun penjara,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika pasal yang menjerat Saiful Jamil belum bisa di tetapkan. Artinya tiga pasal itu baru menjadi dakwaan JPU yang suatu saat bisa saja berkurang atau bertambah. “Sementara itu berkurang atau bertambahnya pasal yang akan dijatuhkan tergantung pada fakta-fakta dalam persidangan nanti,” jelasnya.

Seperti diketahui, Saipul Jamil ditangkap polisi dikediamannya, dikawasan Kelapa Gading, karena diduga mencabuli pelajar berisial DS. Sejak 4 April 2016 lalu, Saipul pun sudah dititipkan ke Rutan Cipinang, Jakarta Timur. (Bambang)

Comments

comments