Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Agustus 24, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Ratusan Massa Tolak Pelantikan Bupati Terpilih Nias Utara
  • Follow Us!

Ratusan Massa Tolak Pelantikan Bupati Terpilih Nias Utara 

BERITA NIAS – Ratusan masa yang tergabung dalam Forum Aksi mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Nias di Jalan Lotu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Kedatangan ratusan massa tersebut untuk mendesak pembatalan Pengesahan Calon Bupati Nias Utara terpilih, Marselinus Ingati Nazara yang dituding terlibat kasus dugaan korupsi dalam penyertaan modal Airlines tahun 2008 sebesar Rp6 miliar, dimasa menjadi Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara.

“Sampai sekarang, Pemerintah Kabupaten Nias tidak pernah menerima laporan keuangan dari PT. Riau Airlines atau belum dipertanggung jawabkan oleh Bupati Nias dimasa pimpinan Binahati B Baeha,” ujar Koordinator Aksi Helpianus Gea, Senin (22/2/2016) kemarin.

Sebagai Ketua DPRD lanjutnya, M. Ingati Nazara juga  mengetahui serta menyetujui atas kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nias dan PT. Riau Airlines dan sudah  seharusnya dia juga dijadikan tersangka,” ungkapnya tegas.

Dijelaskannya, dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2012 bernomor 94/LHP/XVIII.MDN/06/2013 tertanggal 20 Juni 2012 dengan jelas menerangkan bahwa Pemkab Nias telah memiliki saham sebanyak 6000 lembar yakni sebesar Rp6 miliar kepada PT. Riau Airlines. “Kami minta pembatalan pengesahan yang bersangkutan menjadi Bupati Nias Utara terpilih,” ulasnya.

Pantauan Beritaekspres.com, dalam pernyataan sikap yang disampaikan pengunjuk rasa antara lain meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan DPRD Kabupaten Nias Utara untuk tidak menetapkan dan melantik M. Ingati Nazara sebagai Bupati terpilih Kabupaten Nias Utara.

Selain itu, massa juga meminta dan mendesak penegak hukum untuk segera menetapkan status hukum mantan Ketua DPRD Kabupaten Nias utara terkait keterlibatannya dalam kasus dugaan korupsi penyertaan modal Airlines tahun 2008 silam.  (Ganda)

Comments

comments