Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, September 19, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Rencana Kerja Anggaran SKPD Pemkot Bekasi Masih Rendah
  • Follow Us!

Rencana Kerja Anggaran SKPD Pemkot Bekasi Masih Rendah 

BERITA BEKASIJelang kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Pemerintah Kota Bekasi, menggelar evaluasi Rencana Kerja (Renja) seluruh Satuan Kerja Peringkat Daerah (SKPD).

Kegiatan ini bertujuan guna memaksimalkan kinerja aparatur para penyelenggara negera yang selama ini dinilai masih kurang maksimal. Akibatnya, tak jarang banyak kebutuhan masyarakat yang tidak terakomodir.

Walikota Bekasi, Rahmat Efendi menjelaskan, kegiatan evaluasi program kerja ini untuk menyesuaikan seluruh rencana kegiatan SKPD yang telah tertuang kedalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA).

“Kesesuaian indikator di dalam RPJMD dengan program dan target sasaran nantinya akan menghasilkan value. Sehinga seluruh kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas akan terealisasi,” tutur Rahmat kepada Beritaekspres.com, usai menggelar evaluasi rencana program  kerja SKPD di Gedung Balai Patriot, Pemkot Bekasi, Selasa (9/2/2016).

Selama ini lanjut, Rahmat menilai keseriusan aparatur Pemkot Bekasi dalam memahami rencana program kerja, masih terbilang belum maksimal. Hal itu terlihat dari banyaknya, penyerapan anggaran SKPD tahun lalu yang tidak mampu diserap secara maksimal.

“Nantinya akan keliatan RKA dari SKPD yang masih rendah penyerapannya,” ungkapnya.

Lebih jauh Rahmat mengatakan, bahwa  selama ini persoalan RKA tersebut tidak hanya terjadi dilingkungan SKPD, melainkan asistensi merupakan faktor lain penyebab rendahnya persoalan dalam penyerapan RKA.

“Tidak semua persoalan RKA itu berada di SKPD juga ada presoalan itu ada di asistensi,” ucap Rahmat.

Dalam evaluasi rencana program kerja SKPD juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah dan seluruh Kepala SKPD Pemerintah Kota Bekasi.

Sinergitas antar SKPD seharusnya terus ditingkatkan. Ada tiga komponen berkaitan dalam penyelesaian sebuah RKA yakni, penyesuaian program, satuan biaya barang (SBB), dan nomenklatur. (BRAY)

Comments

comments