Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Sekolah Dihimbau Segera Lakukan Pengisian PDSS  
  • Follow Us!

Sekolah Dihimbau Segera Lakukan Pengisian PDSS   

BERITA JEMBER – Sekolah diminta untuk segera melakukan pengisian nilai siswanya pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Himbauan ini disampaikan oleh Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, di sela-sela sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 bagi sekolah di Jember yang diadakan di Gedung Keluarga Alumni Universitas Jember.

“Mumpung waktunya masih panjang, kami minta agar sekolah segera melakukan pengisian nilai siswa di PDSS, dengan demikian jika ada masalah dapat segera ditangani,” kata Agung Purwato. Sesuai jadwal pelaksanaan SNMPTN 2016, proses pengisian dan verifikasi nilai siswa akan berlangsung hingga tanggal 29 Februari 2016.

Dijelaskan Agung Purwanto, berdasarkan data dari pantia pusat SNMPTN 2016, sampai akhir Januari ini secara nasional baru 6500 sekolah yang mengisikan nilai siswanya di PDSS. “Jadi kira-kira masih ada 15 ribu sekolah di Indonesia yang belum mengisikan nilai siswanya di PDSS,” ungkap Agung lagi.

Oleh karenanya, Agung Purwanto meminta kepada kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling serta operator PDSS sekolah se Jember yang hadir, agar segera memulai proses pengisian nilai siswa di PDSS.

Dalam kegiatan sosialisasi SNMPTN 2016 bagi sekolah di Jember, panitia lokal SNMPTN 2016 Universitas Jember bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember mengundang perwakilan dari 256 SMA dan SMK di Jember, baik negeri maupun swasta.

Masih menurut Agung Purwanto, pengisian nilai siswa di PDSS selain menjadi pintu pertama bagi siswa untuk mendaftar di PTN, juga menjadi bagian penting dalam penilaian sebuah sekolah. Pasalnya dari PDSS akan diketahui kondisi nyata nilai anak didik sebuah sekolah.

“Pengisian PDSS dengan baik dan benar, dan banyaknya siswa yang menembus SNMPTN akan berpengaruh secara signifikan bagi peringkat sekolah versi PTN. Jangan lupa kejujuran pihak sekolah juga akan diuji dalam proses pengisian PDSS,” kata pria yang juga dosen di FISIP Universitas Jember ini.   

Tidak hanya memberikan sosialisasi SNMPTN 2016 bagi SMA dan SMK di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, panitia lokal SNMPTN 2016 Universitas Jember juga bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember untuk melakukan kegiatan yang sama bagi MA negeri dan swasta di Jember.

Khusus untuk sosialisasi SNMPTN 2016 bagi MA di Jember, diadakan di aula Kantor Kementerian Agama. Tercatat sebanyak 93 MA negeri dan swasta di Jember yang diundang.

Selain melaksanakan sosialisasi SNMPTN 2016  di Jember, panitia lokal SNMPTN 2016 Universitas Jember juga telah melakukan sosialisasi di Situbondo (26/1), Banyuwangi (27/1) dan Bondowoso (28/1).

“Selain melaksanakan sosialisasi SNMPTN 2016, kami di Universtas Jember juga aktif memberikan layanan konsultasi bagi sekolah dan siswa melalui bagian Humas dan Protokol setiap jam kerjanya,” tambah Agung Purwanto. (hum/iim/hen)

Comments

comments