Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Otomotif » FOCI Ajak Club Supercar Dukung Kampanye Berlalu Lintas
  • Follow Us!

FOCI Ajak Club Supercar Dukung Kampanye Berlalu Lintas 

BERITA JAKARTA – Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) mengajak club-club penggemar supercar di Indonesia untuk mendukung kampanye keselamantan berlalu lintas yang dicanangkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Korlantas Polri. Langkah ini sangat penting mengingkat angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi.

“Komitmen kami adalah bagaimana meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dijalan. Sebab faktanya, masih ada pengendara yang belum punya kesadaran tertib lalu-lintas. Dan seringkali kecelakaan lalu lintas disebabkan kurang disiplinnya pengendara,” ujar Wakil Ketua Umum IMI, Ahmad Sahroni di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Untuk itu, Sahroni mengajak seluruh penggemar supercar yang lain untuk berpatisipasi dalam kampanye ini. FOCI jelasnya memiliki komitmen yang tinggi terhadap keselamatan berlalu lintas. Salah satu bentuk dukungan  FOCI mengkampanyekan kesadaran berlalu lintas jelasnya dengan menggelar Touring Akbar. Acara ini sudah menjadi kalender rutin FOCI.

“Awal 2016 ini, kami sudah melalukan touring akbar ke wilayah Jawa Barat. Kami ingin memberi teladan kepada masyarakat berkendaraan yang baik di jalanan,” terangnya.

Sahroni yang juga Presiden FOCI ini menjelaskan event akbar FOCI  yang digelar awal tahun ini tak semata bergagah-gagahan pemilik supercar. Tetapi, kegiatan ini memberi edukasi kepada public akan pentingnya berlalu lintas yang tertib.

Misalnya, dimulai dengan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan bermobil dan surat izin mengemudi (SIM) hingga pengecekan plat nomor polisi. “Selain mengkampanyekan tertib berlalulintas, FOCI juga berbagi dengan masyarakat lewat acara bakti sosial,” katanya.

Sahroni berharap kegiatan touring akbar serta bakti social FOCI dapat menepis anggapan miring masyarakat terhadap pemilik mobil sport yang dinilai arogan di jalanan serta tidak memenuhi kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor. “Kami berharap masyarakat luas dapat lebih menyadari pentingnya tertib lalu lintas baik tertib di jalan raya maupun tertib administrasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Penasehat FOCI Komjen Pol (Purn), Nanan Soekarna menilai kegiatan Touring Akbar yang diselenggarakan komunitas FOCI di awal tahun 2016 ini bermanfaat positif bagi masyarakat. Sebab,  ajang ini tidak sekedar bersenang-senang semata, tetapi juga membangun kesataraan kolektif sebagai sesama anak bangsa dengan menyelenggarakan kegiatan kemanusiaan di daerah yang dikunjungi.

“Pesan dari kegiatan ini sebenarnya, FOCI ingin mengubah sikap eksklusif menjadi inklusif. Di mana kita semua tidak memiliki perbedaan dengan masyarakat lain, meski kita punya Ferrari mereka tidak. Jadi berbaur dalam kebersamaan (inklusif),” ujar Nanan di Jakarta, Selasa (2/2).

Mantan Ketua IMI inipun memberi apreasiasi atas touring akbar FOCI ini. Apalagi, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Korlantas Polri ini merupakan bagian dari Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas. “Ini juga nantinya akan menjadi contoh baik bagi pengguna supercar yang lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IMI Sadikin Aksamengatakan  kegiatan FOCI ini sejalan dengan visi dan misi IMI.

Sebagai organisasi otomotif tertua Indonesia dan diakui oleh badan-badan Internasional seperti FIA dan FIM, IMI jelasnya sangat mendukung kegiatan Touring tahunan FOCI. Hal ini sangat bermanfaat dalam mengajarkan perlu tertib berkendaraan dengan mentaati aturan dan rambu lalu lintas.

“FOCI adalah komunitas yang solid dan tertib lalu lintas, maka patut dijadikan contoh kepada masyarakat luas,” pungkasnya. (Gilang)

Comments

comments