Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Mei 27, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Saluran Air Tersumbat, Ratusan Hektar Sawah Petani Terendam Air
  • Follow Us!

Saluran Air Tersumbat, Ratusan Hektar Sawah Petani Terendam Air 

BERITA BANYUWANGI – Akibat saluran irigasi tersumbat, puluhan hektar sawah milik para petani yang berlokasi di Dusun Tapan Sari RT03/RW01, Desa Sraten, Kecamatan Cluring terendam air setinggi 30cm. Tersumbatnya saluran air tersebut, diduga bekas panen jagung yang tidak dibersihkan.

Pantauan Beritaekspres.com dilokasi, sumbatan bekas panen jagung hingga sisa batang pohon jagung yang berserakan, yang berasal dari sawah petani itu sendiri yang terbawa air hingga ke dalam aliran irigasi, tepatnya dibawah gorong-gorong bangunan gudang milik perusahaan ternama Semen Gersik. Akibatnya, tanaman padi diwilayah itu terancam tidak produktif. 

“Kalau terus-terusan seperti ini, bisa-bisa saya ngak panen mas, bagaimana tidak, hampir semua tanaman padi saya terendam air, karena aliran pembunganan tersumbat di gedung itu,” jelas pemilik sawah, Takruni kepada Beritaekspres.com, Senin (25/1/2016).

Hal tersebut pun, sudah dilaporkan ke kantor Kepala Desa Sraten, Rahman yang mengatakan, kedua belah pihak harus mempunyai kerja sama antar petani. “Kalau lagi musim hujan, seperti ini sampah dari hasil tanam jagung supaya betul-betul dibersihkan dengan cara membakarnya atau dibuang kelokasi lain tempat,” terangnya.

Dan jangan dibiarkan seperti ini, sebab dikala musim penghujan datang, sampah hasil tani tersebut, akan terbawa air ke saluran hingga gorong-gorong menjadi tersumbat. “Bagi pemilik bangunan, kalau bisa gorong-gorong di beri penyaring guna menghalau sampah yang terbawa air,” katanya.

Musim penghujan tambahnya, limpahan air begitu luar biasa jika saluran air kurang memadai tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan banjir di semua sektor wilayah, tidak hanya persawahan maupun pemukiman akan terkena dampaknya.” Tandasnya. (Rony)

Comments

comments