Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Oktober 23, 2019
Halaman Home » Otomotif » Wow…..! Suzuki Ertiga Diesel Kapan Dijual di Indonesia?
  • Follow Us!

Wow…..! Suzuki Ertiga Diesel Kapan Dijual di Indonesia? 

BERITA OTOMOTIFBeberapa kali negeri seberang mempunyai varian diesel untuk mobil yang juga diluncurkan di Indonesia, seperti juga Suzuki Ertiga. Namun, produk semacam itu tidak kunjung masuk Indonesia.

Davy J Tuilan 4 W Sales, Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil, mengatakan bahwa produk semacam itu tentu sudah siap. Namun, kondisi di Indonesia sendiri yang belum siap. Ia pun menjelaskan tentang kondisi bahan bakar solar dan aturan di Tanah Air yang masih simpang siur.

“Kalau enggak salah, tahun ini yang namanya solar harus B20, tapi sampai sekarang aturannya belum resmi keluar. Katanya 2016 harus B20, tapi pom bensin mana yang jual. Nah, ini kadang-kadang yang membuat pemain di industri kalau mau bikin strategi jadi repot,” ujarnya.

Tak cuma soal aturan jenis solar, kualitasnya pun dipertanyakan. Ia menjelaskan soal sistem pencampuran antara solar dan bahan bakar bio di Indonesia.

“Kalau tanya sama yang jual produk Eropa, mereka pakai B5. Solar B5 itu harus lima persen kadar bio-nya. Berarti B20, dua puluh persen biofuel-nya. Nah, ini enggak tahu cerita atau curcol, kalau di Brazil itu nyampurnya pakai alat, kalau di Indonesia, tangki 80 persen diisi solar, dua puluh persennya bio. ‘Nanti kalau jalan dari Jakarta jalan ke mana-mana kan kecampur, Pak, di tank’. Nah, ini nyampurnya homogen apa enggak,” ujarnya disambut tawa mereka yang mendengar.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa persoalan kualitas termasuk cara pencampuran bahan bakar serta kesimpangsiuran membuat pihak produsen, mencakup Suzuki, butuh usaha lebih dalam menyiapkan strategi.

“Jadi harus ada effort-nya. Produknya sih siap, tapi harus ada strategi bacanya.” (kpl/why/abe)

Comments

comments