Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 13, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Selama 2015, Propam Polrestabes Semarang Gelar 53 Sidang Disiplin Polisi Nakal
  • Follow Us!

Selama 2015, Propam Polrestabes Semarang Gelar 53 Sidang Disiplin Polisi Nakal 

BERITA SEMARANG – Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin melalui Kasi Propam, Kompol Sigit menyampaikan, selama 2015 pihaknya  telah menyidangkan delapan anggota polisi yang melakukan pelanggaran berat. Dari angka tersebut diketahui mengalami penurunan dibanding tahun 2014 sebanyak 10 anggota.

Selain itu Sie Propam Polrestabes Semarang juga menggelar 53 sidang disiplin untuk polisi nakal. Jumlah itu menurun dibanding tahun 2014 sebanyak 60 sidang.

“Jumlah pelanggaran yang dilakukan anggota itu bermacam-macam. Ada yang meninggalkan tugas, melakukan pungutan liar (pungli) hingga perselingkuhan,” tandasnya di Mapolrestabes Semarang, Kamis (31/12/2015).

Menurutnya untuk sidang disiplin sendiri, mereka melakukan pelanggaran dengan meninggalkan tugas.Selain itu, ada juga yang melakukan pungli dan pelanggaran yang diduga perselingkuhan, yakni adanya wanita idaman lain (WIL).

“Untuk sidang kode etik pelanggarannya narkoba dan desersi (meninggalkan tugas) 30 hari,” katanya.

Sementara itu dari hasil sidang kode etik selama 2014 dan 2015, pihaknya telah merekomendasikan 10 personil untuk diberikan hukuman pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH). Akan tetapi mereka masih berstatus sebagai anggota Polri karena putusan dari Bidang Hukum (Bidkum) Polda Jateng belum inkrah.

“Hingga saat ini rekomendasi PTDH untuk 10 personil tersebut masih dikaji di Bidkum Polda Jateng,” tambahnya.

Menurutnya, kalau sudah inkrah dari Bidkum Polda Jateng, tentunya akan langsung dilakukan PTDH. (Nining)

Comments

comments