Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Maret 22, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Koramil Arosbaya Dukung Petani Kembangkan Jagung Organik
  • Follow Us!

Koramil Arosbaya Dukung Petani Kembangkan Jagung Organik 

BERITA BANGKALANAnggota Koramil 13/Arosbaya Kodim 0829/Bangkalan Serka Samsul Babinsa mengecek tanaman jagung di Desa Batunaong, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (29/12/2015).

Kegiatan mengecek tanaman jagung kelompok tani “Makmur” lahan milik H. Kholil (50), luas lahan 1,5 ha, penanaman dengan bibit jagung Bisi Dua.

Koramil 13/Arosbaya mendukung petani di Kecamatan Arosbaya mengembangkan pertanian jagung organik dalam upaya mencapai program nasional swasembada pangan.

“Kami mendukung kegiatan pertanian jagung organik yang dilaksanakan oleh petani di Desa Batunaong Kecamatan Arosbaya,” kata Danramil 13/Arosbaya Kapten Inf Budiono.

Ia menyebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui hasil pangan di Kabupaten Bangkalan perlu terus ditingkatkan.

Ia menghimbau petani untuk menggunakan pupuk organik,  banyak manfaat yang diperoleh kalau petani memakai pupuk organik, diantaranya kesuburan tanah akan bertambah karena tanah selama ini sudah dicemari bahan kimia.

Kemudian, tambahnya, efisiensi biaya karena pupuk organik bisa dibuat sendiri oleh petani, produksi meningkat dan tingkat kesehatan masyarakat meningkat karena tidak lagi memakai pupuk kimia.

“Petani yang menggunakan pupuk organik akan mendapatkan hasil lebih, bila tanaman jagung biasanya menghasilkan 6–7 ton/hektare, melalui metode ini ditargetkan hasilnya mencapai 9–12 ton/hektare,” katanya.

Ia menjelaskan bibit jagung bermutu yang ditanam satu biji setiap lubang, diharapkan akan bertunas menjadi empat batang yang berbuah sampai enam buah, dengan demikian hasilnya juga akan berlipat ganda.

Selain itu, jelasnya, pupuk organik yang digunakan merupakan produksi sendiri, sehingga sangat banyak keuntungannya, disamping biaya rendah juga mendapatkan hasil berlipat ganda.  (Red)

Comments

comments