Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Agustus 24, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Babinsa Koramil 0811/05 Rengel Dampingi Kunjungan Konsultan Nippon Koei Dari Jepang
  • Follow Us!

Babinsa Koramil 0811/05 Rengel Dampingi Kunjungan Konsultan Nippon Koei Dari Jepang 

BERITA TUBAN – Babinsa Koramil 0811/05 Rengel Serma Arif Maryanto mendampingi ketua Gapoktan sekaligus Ketuan HIPPA ( Himpunan Petani Pemakai Air ) Desa Karangtinoto  Bp. H. Kasadi menerima kunjungan dari Kunsultan NIPPON KOEI Jepang Mr. Koninobu Noda dalam rangka Study Banding dan Observasi cara pengelolaan air untuk lahan pertanian di Desa Karangtinoto.

Pada tahun 90 an Mr. Koninobu Noda pernah datang ke Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban sebagai utusan Konsultan JICA dari Jepang guna memberikan bantuan mesin pompa air untuk petani Desa Karangtinoto dan memberikan arahan tentang pengaturan air untuk lahan pertanian agar hasil panen lebih melimpah yang akhirnya menjadi tonggak awal berdirinya HIPPA ( Himpunan Petani Pemakai Air ) di Desa Karangtinoto.

Setelah ± 20 tahun berjalan beliau mengetahui bahwa HIPPA Desa Karangtinoto berhasil melaksanakan program-programnya dalam pengelolaan air untuk lahan pertanian itu dibuktikan dengan meraih juara 1 tinggkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2013 dan meraih juara 3 tingkat Nasional tahun 2014, atas keberhasilan itulah  Mr. Koninobu Noda yang saat ini bergabung dengan Konsultan NIPPON KOEI Jepang ingin melaksanakan Study Banding dan Observasi atas keberhasilan HIPPA Desa Karangtinoto dalam pengelolaan air untuk lahan pertanian.

Adapun kegiatan yang dilakukan Mr. Kuninobu Noda selama di Desa Karangtinoto diantaranya menerima paparan dari Ketua HIPPA  Desa Karangtinoto Bp H. Kasadi, meninjau lokasi pompa air dan lahan pertanian Padi. Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian Kecamatan Rengel Ibu Ulfa Mei Sayekti, Kepala Desa Karangtinoto Bp Gunawan, Babinsa  Desa Karangtinoto serta seluruh penguru HIPPA. Kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar. (Red/Penrem)

Comments

comments