Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Pilihan Redaksi » Diambil Sumpahnya di Istana Negara, Pimpinan KPK Siap Hadapi Segala Resiko Jabatan
  • Follow Us!

Diambil Sumpahnya di Istana Negara, Pimpinan KPK Siap Hadapi Segala Resiko Jabatan 

BERITA JAKARTA – Lima orang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa bakti 2015-2019 yaitu Agus Rahardjo, Saut Situmorang, Laode Muhamad Syarif, Alexander Marwata, dan Basaria Panjaitan mengucapkan sumpah dan janjinya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/12/2015) siang kemarin.

Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan usai pembacaan Keputusan Presiden No.133/P Tahun 2015 tentang Pengangkatan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan Tahun 2015-2019.

Kelima pimpinan KPK itu sebelumnya telah dipilih oleh Komisi III DPR-Ri pada Kamis (17/12), dan selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurana DPR-RI, Jumat (18/12) lalu.

Siap Dengan Resiko

Ketua KPK terpilih Agus Raharjo menegaskan bahwa dirinya sudah siap dengan segala resiko menjadi Ketua KPK, mengingat dua ketua sebelumnya telah dikriminalisasi.

“Itu sudah resiko dari jabatan kan, jadi mestinya nggak perlu ketakutan,” kata Agus.

Pimpinan KPK yang baru ini, lanjut Agus, masih membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk melakukan penyesuaian data-data dan mempelajari fakta-fakta sejumlah kasus besar yang masih belum selesai.

Usai pengambilan sumpah, para pimpinan KPK bergegas meninggalkan Istana Negara untuk memenuhi panggilan Presiden Jokowi, dan berjanji akan melakukan keterangan pers di kantor KPK.

Hadir dalam pelantikan pimpinan KPK ini sejumlah menteri Kabinet Kerja, Kapolri, Jaksa Agung, Panglima TNI, pimpinan KPK terdahulu, termasuk Ketua Pansel KPK Destry Damayanti. (DND/RAH/ES)

Comments

comments