Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 13, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Menuju Kemandirian Pangan, 29 Desa di Kediri Tanam Padi Serentak
  • Follow Us!

Menuju Kemandirian Pangan, 29 Desa di Kediri Tanam Padi Serentak 

BERITA KEDIRI – Bersama petani dan PPL Pertanian, 23 Koramil se-Kodim 0809/Kediri tanam padi serentak yang terpusat di 29 Desa/Kelurahan dari 29 Kecamatan se-Kota dan Kabupaten Kediri, menjadi prioritas utama.

“Kecenderungan menanam padi di kecamatan pare, sudah dimulai sejak bulan maret lalu, kalau dilihat dari grafik produktifitas padi, memang sudah naik secara signifikan, tetapi kalau dilihat dari luasnya lahan pertanian yang ada di kecamatan pare, masih belum maksimal, karena masih banyak lahan non pangan disini, seperti ditanami rumput gajah untuk pakan ternak,” kata Asnawi, PPL Pertanian Desa Tulungrejo Kecamatan Pare.

M. Taufik ,PPL Pertanian di Desa Tawang Kecamatan Wates, juga mengomentari ,kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Kediri dengan Koramil-Koramil bisa mengubah asumsi atau persepsi petani, sekaligus mengalihkan lahan pertanian ke tanaman yang lebih dibutuhkan masyarakat.

Setelah seminggu yang lalu ,Kodim 0809/Kediri juga melakukan tanam padi secara serentak, yang terpusat di 51 desa dari 29 kecamatan se Kota dan Kabupaten Kediri, saat ini tanam padi secara serentak lebih memperhatikan pada lahan-lahan pertanian yang dulunya tidak ditanami padi.

“Kita berharap dengan bertanam padi secara serentak, bisa memotivasi para petani yang ada di Kediri ini, sekaligus membangun dasar swasembada pangan menuju kemandirian pangan,” kata Danramil Plosoklaten Kapten Inf Joko Maryadi, Minggu (13/12/2015).

Demikian juga Danramil Kota Kapten Inf Harmadi ,juga mengomentari, motivasi petani bisa tumbuh dan berkembang apabila pendekatan persuasif dari sisi yang berbeda berlangsung secara interaktif. (Red)

Comments

comments