Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Oktober 23, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Bedah RTLH Veteran Capai Finish “Wujud Perhatian Negara Pada Para Pejuang NKRI”
  • Follow Us!

Bedah RTLH Veteran Capai Finish “Wujud Perhatian Negara Pada Para Pejuang NKRI” 

BERITA BLITAR – Para veteran di wilayah Blitar kini telah bisa bernafas lega pasalnya Negara masih memperhatikan kehidupannya yang sudah memasuki masa tua, hingga kini ia memiliki rumah yang sudah layak huni walau kecil ukurannya. Namun hal itu, tak menjadikan masalah yang terpenting baginya kini bisa menempatinya dalam keadaan baik.  

Dalam benaknya timbul kebanggaan tersendiri dari wujud perhatian negara pada perjuangannya dulu dalam membela NKRI,  dimana sebelumnya rumah yang ditempatinya hanya terbuat dari anyaman bambu (gedek) dan beralaskan tanah, kalau hujan sering bocor dan kedinginan, kini ia bisa menikmati rumah yang sudah layak huni dengan bantuan sepenuhnya dari Negara.

RTLH Veteran (1)Bapak Moerlan yang beralamatkan di Desa Sumber Kecamatan Sanankulon terlihat renta sekali dalam usianya yang mencapai 98 tahun hingga ia harus dibopong untuk bisa menyaksikan pemberian kunci rumah sebagai tanda renovasi rumahya telah selesai dan kini bisa menempatinya.    

Pgs. Komandan Kodim 0808 Blitar,  Letkol Arm. Muridan secara simbolis memberikan kunci rumah tersebut pada keluarganya  berpesan agar para ahli warisnya juga turut merawat mbah Moerlan yang kini memasuki usia tua, dulu mereka pejuang dan negara sangat memperhatikan atas perjuangannya dulu.

Apalagi keluarganya seharusnya harus bisa lebih merawat dan menjaganya, pengorbanan mereka pada negara dulu amatlah besar tanpa adanya mereka-mereka tentu negara ini tak akan merdeka seperti sekarang ini, dan kini kita sebagai generasi penerus tinggal meneruskan perjuangannya.

RTLH Veteran (6)Tak kalah menariknya juga seperti cerita-cerita  yang disampaikan oleh mbah Katilah 85 tahun warga RT03/RW05 Desa Bence Kecamatan Garum, mereka termasuk pejuang wanita yang selalu ikut dalam membela NKRI, wilayahnya dulu dalam berjuang ditempatkan di wilayah Blitar, Tulungagung  dan Kediri,  ia bersama suaminya juga turut dalam berjuang dan ia ditugaskan sebagai dapur  lapangan.

Namun jasanya juga tak boleh diababaikan begitu saja, dalam berjuang mbah katilah juga turut berjalan kaki sepanjang jalan dalam melaksanakan gerilya yang dilakukan oleh pejuang-pejuang katanya.

RTLH Veteran (7)Selain itu, di Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar juga diadakan bedah rumah milik mbah Mudi (92) sebagai pejuang Veteran, keadaan rumahnya juga sangat memprihatinkan berada di tengah kebun dengan kondisi rumah reotnya tanpa ada sanak saudara yang bersamanya, keluarganya berada jauh dari tempat tinggalnya, makan cukup seadanya, dengan adanya bedah rumah kali ini mbah Mudi amat bahagia sekali ternyata negara masih ingat akan keberadaan dirinya dalam usia senjanya, “

“Kulo niki mboten saget nyambut damel maleh, kulo maem sangking pensiunan niku mawon. (saya ini tidak bisa bekerja lagi saya makan hanya mengandalkan uang pensiunan yang saya terima).   (Hery/LS)

Comments

comments