Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Juli 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Pelepasan 17 Prajurit Purna Kodim 0812 “Pengabdian Mereka Sangat Bermanfaat Bagi Bangsa”
  • Follow Us!

Pelepasan 17 Prajurit Purna Kodim 0812 “Pengabdian Mereka Sangat Bermanfaat Bagi Bangsa” 

BERITA LAMONGAN – Komadan Kodim 0812 Lamongan Letkol Inf Jemz Andre.R.E,S.Sos berharap kepada anggotanya yang sudah purnawirawan untuk selalu menjaga nama baik diri pribadi dan kesatuan, meskipun nanti sudah pensiun, mereka nanti tetap akan dikenal masyarakat sebagai bagian dari TNI.

Hal tersebut diungkapkan Dandim saat memberikan pengarahan kepada 17 orang prajurit Kodim 0812 Lamongan atas nama Peltu Kisnadi, Peltu Toyib, Peltu Busro, Peltu Jainal Arifin, Pelda Udin, Pelda Matsaroni, Pelda Karyono, Serma Suwarno, Serma Totok Y, Serma Kemad Bisri, Serma Saifudin, Serma Kasto, Serka Karlik, Serka Suyanto, Serda Joko Karyanto, Serda Sambasri, Serda Solikin yang akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP), di Aula Kadet Suwoko Makodim usai pembukaan Apel Danramil dan Babinsa.

“Untuk itu saya himbau, nanti setelah berada dan kembali ke masyarakat dan menjadi bagian langsung dari masyarakat agar selalu menjaga nama baik diri sendiri dan kesatuan dimana kita mengabdi sebelum kembali ke masyarakat,” tegas Dandim.

Peran mereka nanti sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat. Untuk itu, mengedepankan etika dan menjaga nama baik sangatlah penting. Sehingga keberadaan dan peran mereka di masyarakat dapat memberikan manfaat, terutama dalam hal kedisiplinan, etos kerja dan sifat gotong royong. “Berikanlah contoh kepada masyarakat, meskipun tidak lagi berdinas, namun peran dan tanggung jawab mengemban nama baik kesatuan harus diutamakan.                      

Selain memberikan arahan kepada prajurit yang memasuki MPP, Dandim dalam kesempatan tersebut juga memberikan penghargaan atas pengabdian mereka selama berdinas di militer atau ketentaraan, dan tradisi tersebut sudah menjadi tradisi rutin di setiap kesatuan.   Karena hal tersebut menurutnya sebagai bentuk penghargaan kepada prajurit TNI yang telah berhasil mengakhiri masa dinas sebagai anggota TNI.           

MPP sendiri menurutnya berlaku kurang lebih 1 tahun, dengan kata lain selama 1 tahun ke depan mereka masih prajurit TNI aktif, namun tugas dan tanggung jawab mereka tidak lagi sebesar saat mereka sebelum memasuki MPP, dan bertujuan untuk memberikan kesempatan beradaptasi kembali dengan masyarakat.

Kepada anggota yang melaksanakan MPP mulai 1 Desember 2015, selaku Dandim dan atas nama pribadi serta mewakili seluruh anggota, mengucapkan terima kasih atas segala pengabdiannya selama ini, juga menyampaikan salam kepada keluarga yang telah setia mendampingi baik suka maupun duka, hingga mampu melalui dinamika kehidupan di lingkungan prajurit hingga menjelang purna.

Dandim juga berpesan agar selalu jaga citra TNI dalam kehidupan bermasyarakat,  serta tularkan  semangat pengabdian prajurit dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan tempat tinggal. “Ini bentuk perhatian dan penghargaan atas pengabdian mereka selama menjalankan tugas dan berdinas di TNI. peran dan fungsi mereka selama menjalankan tugas jelas sangat bermanfaat bagi Korps, Kesatuan terutama kepada Bangsa dan Negara dan mereka patut untuk mendapat penghargaan,” ujar Dandim diakhir acara. (Penrem)

Comments

comments