Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Februari 17, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » FKRW Kota Bekasi Lakukan Konsolidasi Tingkat Bawah, Legimo Terpilih Sebagai Ketua Tingkat Kecamatan
  • Follow Us!

FKRW Kota Bekasi Lakukan Konsolidasi Tingkat Bawah, Legimo Terpilih Sebagai Ketua Tingkat Kecamatan 

BERITA BEKASI – Eksistensi FKRW (Forum Komunikasi Rukun Warga ) Kota Bekasi yang dideklarasikan pada 18 Oktober 2014 geliat dan langkah-langkahnya semakin dinamis. Bertempat di Rumah Makan Cibiuk, Margahayu, Bekasi Timur, FKRW akhirnya berhasil membentuk dan mengukuhkan ketua di tingkat Kecamatan Bekasi Timur.

Tak dipungkiri, FKRW Kota Bekasi yang akhirnya memuluskan Legimo sebagai Ketua Tingkat Kecamatan Bekasi Timur, sesungguhnya telah berupaya memberikan sumbangsih yang besar di Kota Bekasi, khususnya untuk wilayah Kecamatan Bekasi Timur. Bahkan FKRW merupakan pilot project  yang memeberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat di Kota Bekasi.

Ditemui Beritaekspres.com, seusai pemilihan FKRW yang dihelat pada, Sabtu (28/11) lalu, Ketua Terpilih Legimo mengatakan dengan antusias. “Apa yang menjadi pemikiran saya bahwa kita hanya punya motto dalam arti kalau memang masih berguna untuk membaktikan diri untuk masyarakat dan berguna untuk lingkungan dengan terpilihnya Ketua FKRW di Tingkat Kecamatan Bekasi Timur, kita harus bisa melihat, mendengar sekaligus merangkum apa yang menjadi aspirasi masyarakat Bekasi Timur secara luas dan secara khususnya kita harus bisa menyelami tugas dan fungsi pokok menjadi Ketua Forum,” terangnya.

Legimo (tengah) Terpilih Ketua FKRW Tingkat Kecamatan

Legimo (tengah) Terpilih Ketua FKRW Tingkat Kecamatan

Lebih lanjut Legimo berujar, “Langkah-langkah kita pasti tidak akan keluar dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga walaupun nanti di tengah-tengah perjalanan ada inovasi-inovasi yang mungkin tetap tidak lepas dari apa yang telah menjadi AD/ART FKRW Tingkat Kota Bekasi sudah menjadi patokan sehingga kita tidak dipermasalahkan dan juga tidak disalahkan baik di tingkat Kota maupun tingkat Kecamatan.”

Ia pun tak berpikir dalam Raker pertama FKRW bahwasanya dirinya terpilih. “Saya sebetulnya tidak mempunyai hal-hal seperti itu, karena di lingkungan, saya telah menjadi Ketua RW19 dan kini masih periode ke-2 dan juga sebagai Ketua Pokja di Kelurahan sehat dan alhamdulillah kita di Bekasi Sehat ini memperoleh anugerah atau piala Padapa,” jelasnya.

Dari hasil penilaian di tingkat nasional di RW yang saya pimpin menjadi titik pantau disebut lingkungan sehat di RW19 Arenjaya, Bekasi Timur. Alhamdulillah sumbamgsih dari RW 19 memberikan predikat bahwasanya Bekasi itu kota sehat.”

Program jangka pendek pastinya kita akan membentuk Forum RW di tingkat Kelurahan dulu, sehingga kaki kita menginjak di Kelurahan sudah ada dan apa yang menjadi aspirasi di tingkat RT dan RW ditampung di tingkat FKRW akan kita tampung di tingkat Kecamatan. Secara tegas dalam jangka pendek kita akan menyusun organisasi personilnya dan akan menghimbau pada para Lurah untuk membentuk Forum Ketua RW di tingkat Kelurahan.”

Toto (Ketua RW16)

Toto (Ketua RW16)

Sementara itu, Totok Sabariyoto selaku Ketua I FKRW Kota Bekasi mengatakan bahwasanya tujuan acara ini membentuk kepengurusan FKRW tingkat kecamatan dengan prosesi aklamasi dan formatur. Dan kita akhirnya pilih proses aklamasi dan Legimo terpilih sebagai Ketua di tingkat Kecamatan.

Kita perlu bekerjasama untuk FKRW tingkat kecamatan karena segala informasi timbulnya dari FKRW semua kecamamtan yang ada di kota Bekasi. masalah sosial dan semua permasalahan apapun kita informasi dari forum RW di tingkat kecamatan.

FKRW tingkat kota, kita pernah menjalankan fun bike di car free day, pembangunan rumah bukan rutilahu namun rumah yang tidak ter-cover oleh DKM. Di mana masalah MCK, wc sama dapur kita bangun sesuai standar, di Bekasi Utara sekitar 23 rumah yang sudah kita bangun.”

Ini untuk pertama kali Raker FKRW pertama tingkat RW Kecamatan Bekasi Timur yang hadir sekitar 20 orang ketua RW. Jadi kita ini baru pertama kali pembentukan forum ketua RW Kecamatan Bekasi timur, bulan depan kita akan merapat ke Bekasi Utara, Bekasi Selatan hingga 12 kecamatan di Kota Bekasi. Untuk itu semua kita bekerja sama dengan lurah untuk membentuk forum RW di tingkat kelurahan,” ujarnya kepada Beritaekspres.com, Sabtu (28/11).

r3Pada tanggal 27 Desember 2015 berbaregan fun bike yang diadakan FKRW Kecamatan Bekasi Timur dan sponsor pendukung akan dilakukan pengukuhan oleh wali kota dan wakil wali kota.

Langkah-langkah setelah dibentuk FKRW Tingkat Kecamatan Bekasi Timur kita akan melakukan konsolidasi untuk di tingkat bawah, dalam hal ini FKRW di 4 kelurahan di antaranya Arenjaya, Durenjaya, Margahayu, dan Bekasi Jaya bersama musrenbang. Saya harapkan dari tingkat kecamatan berperan aktif dalam rangka musrenbang di mana RW yang belum pernah ada penggelontoran APBD kita harapkan peran dari kecamatan akan mengusulkan.

Acara yang digelar sempat molor dari jam yang telah ditentukan, sempat dihadiri Lurah Arenjaya Toto Yuliyanto da Sekcam Bekasi Timur Ridwan serta para Ketua RW di Kecamatan Bekasi Timur diakhiri dengan sesi foto bersama. (Tejo Nagasakti)    

Comments

comments