Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 13, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Tak Cukup Hanya Tulisan Atau Lisan, Kodim Kediri Gelar Kemah Bakti Cinta Tanah Air
  • Follow Us!

Tak Cukup Hanya Tulisan Atau Lisan, Kodim Kediri Gelar Kemah Bakti Cinta Tanah Air 

BERITA KEDIRI – Cinta Tanah Air menjadi prioritas utama Kodim 0809/Kediri dalam menggali potensi setiap manusia Indonesia, khususnya potensi yang ada di Kediri. Usai menggelar Kemah Bakti Bela Negara beberapa waktu yang lalu, kini Kemah Bakti Cinta Tanah Air digelar di lapangan Mojoroto Kota Kediri, Jumat (27/11/2015).

“Kalian berada di sini bukan untuk belajar, karena cinta tanah air bukan berdasarkan pelajaran yang tertulis atau lisan, tetapi dari hati, perasaan dan pikiran,” ujar Dandim Kediri Letkol Inf Purnomosidi, pada pembuka Kemah Bakti Cinta Tanah Air, Jumat (27/11).

Sepuluh tahun lanjutnya, atau bahkan sampai seratus tahun sekalipun, hati, perasaan dan pikiran tidak akan terdoktrinisasi bila hanya berdasarkan buku atau tayangan video saja, tapi dengan tangan bergerak , kaki berjalan dan leher menoleh, kalian bisa memahami sekaligus mendalami arti cinta tanah air itu sendiri,” terangnya.

27 nop kodim kediri (7)Kalian sambungnya, bisa melihat gunung klotok yang ada di belakang sana, gunung itu akan terlihat hijau karena banyak tanaman yang ada disana, tetapi gunung itu akan terlihat tandus karena sudah tidak ada lagi tanaman yang menancap ditanah. Kita melihat gunung itu terlihat hijau dan tandus, bukan berdasarkan buku atau tayangan video, tetapi dari hati, perasaan dan pikiran yang mengalir dalam penglihatan kita,” tandas Letkol Purnomosidi.

Kemah Bakti Cinta Tanah Air yang diikuti 240 siswa siswi tingkat SLTA sederajat, akan berlangsung selama 2 hari di lapangan mojoroto Kota Kediri. Berbagai materi pembinaan dan pendidikan di berikan kepada siswa siswi, untuk menjadikan dasar pengembangan pola pikir mereka. Dari materi outbond, jurit malam, PBB, wawasan kebangsaan, api unggun dan kedisiplinan waktu, diberikan satu persatu oleh Kodim Kediri.

Seperti Rusnaiyah, salah satu Kepala Sekolah yang turut hadir mendampingi siswa siswinya mengatakan, Program ini harus berkelanjutan dan berkesinambungan, supaya kelak ketika mereka sudah lepas dari dunia pendidikan saat ini, bisa menjadikan dasar pengembangan pola pikir dan wawasan dalam berkehidupan sosial masyarakat.  (Red)

27 nop kodim kediri (9) 27 nop kodim kediri (12)

Comments

comments