Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Februari 20, 2020
Halaman Home » Peristiwa » Koramil Pabean Cantian Bantu Evakuasi Korban Kapal Motor Wihan Sejahtera Tenggelam
  • Follow Us!

Koramil Pabean Cantian Bantu Evakuasi Korban Kapal Motor Wihan Sejahtera Tenggelam 

BERITA SURABAYA Untuk mengaplikasikan Bersama Rakyat TNI Kuat, maka Koramil 0830/03 Pabean Cantikan turut berpartisipasi membantu mengevakuasi penumpang atau korban tenggelamnya kapal motor penumpang Wihan Sejahtera.

Danramil Pabean Cantikan, Mayor Infanteri Suwadi mengatakan bahwa pihaknya ikut membantu proses evakuasi mulai dari pagi hingga petang.

“Dari data yang kami dapat, terdapat 212 korban yang terdiri dari penumpang serta anak buah kapal,” kata Mayor Suwadi, Selasa (17/11/2015).

Mayor Suwadi menambahkan bahwa pihaknya bersama instansi terkait mengevakuasi ratusan korban yang menepih di Gapura Surya Surabaya.

“Setelah tiba di Gapura Surya, korban langsung dilarikan menuju rumah sakit PHC Surabaya untuk mendapatkan perawatan,” imbuh Mayor Suwadi.

Mayor Suwadi melanjutkan bahwa pada sore harinya atau setelah mendapatkan perawatan dari rumah sakit PHC, mereka dibawa kembali menuju Gapura Surya.

“Selagi menunggu hasil kesepakatan dengan pihak kapal, apakah mereka mendapatkan ganti rugi atau akan diberangkatkan kembali menuju Labuhan Bajo. Maka pihak kapal memberikan fasilitas bermalam kepada kepada 25 korban di hotel Niaga dan 67 korban diinapkan di hotel Pop,” lanjut Mayor Suwadi.

Mayor Suwadi menyatakan bahwa untuk malam harinya, tersisa puluhan korban yang sehari-hari bekerja sebagai sopir dan kernet truk. Awalnya mediasi berjalan dengan alot karena para sopir dan kernet tersebut tidak terima dikasih uang Rp 50 ribu oleh pihak kapal.

Namun, setelah mendapatkan penjelasan yang cukup jelas. Akhirnya puluhan sopir dan kernet menerima hasil keputusan mediasi dan mereka juga diinapkan di dua hotel tersebut.

“Akhirnya situasi di Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya aman terkendali dan berjalan seperti biasanya,” pungkas Mayor Suwadi.

Sekedar diketahui bahwasanya kapal motor penumpang (KMP) Wihan Sejahtera tenggelam di Perairan Teluk Lamong Surabaya, Senin 16 November 2015 kemarin. 

Tenggelamnya KMP Wihan Sejahtera, kapal angkut jenis Ro-Ro, bermula saat kapal tersebut keluar dari Dermaga Jamrud Tanjung Perak menuju Ende, Nusa Tenggara Timur pada pukul 09.00 WIB. Dari daftar manivest diketahui bahwa kapal tersebut membawa 212 orang.

Pada pukul 09.30 WIB, saat kapal akan keluar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), kru kapal melihat kapal tersebut bocor dan langsung melaporkan ke Syahbandar. 

Dengan situasi demikian, diputuskan kapal kembali ke Pelabuhan Surabaya untuk melaksanakan perbaikan dengan dipandu Syahbandar, Kepanduan Surabaya dan Polair Polda Jawa Timur. 

Namun baru sampai di Perairan Teluk Lamong atau berada di sekitar Buoy 9 APBS, kapal tersebut tambah miring dan akhirnya karam pada pukul 09.50 WIB. 

Selanjutnya petugas yang mengawal meminta bantuan kepada Basarnas untuk mengevakuasi korban.

Korban penumpang yang berhasil dievakuasi berada di Dermaga Jamrud Utara atau di Gapura Surya untuk dilaksanakan pengecekan, dan penumpang yang mengalami luka dibawa ke RS. PHC Surabaya untuk menjalani pengobatan.  (@cJ1)

Comments

comments