Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, November 12, 2019
Halaman Home » Internasional » Tiba di Turki, Menlu Retno LP Marsudi: Presiden Jokowi Akan Ikuti Rangkaian G-20
  • Follow Us!

Tiba di Turki, Menlu Retno LP Marsudi: Presiden Jokowi Akan Ikuti Rangkaian G-20 

BERITA TURKI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendarat di Antalya, Turki dengan pesawat kepresidenan, Sabtu (14/11/2015) pukul 20.00 Waktu Setempat atau Minggu (15/11) pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat. Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Negara tiba di Hotel IC Santai, Antalya, Turki dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso.

Dalam kunjungan ke Turki kali ini, Presiden Jokowi rencananya akan mengikuti pertemuan B-20 dan Pertemuan Puncak G-20. Beberapa Kepala Negara/Pemerintahan dijadwalkan hadir dalam pertemuan G-20 kali ini yang mengambil tema, “Together For Inclusive and Robust Growth”.

Agenda Presiden

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam wawancara kepada wartawan usai menyambut kedatangan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa agenda Presiden pada hari Minggu (15/11) adalah pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada,Justin Trudeau, yang baru saja memenangkan pemilu di negaranya.

“Hal ini merupakan pertemuan pertama antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau,” jelas Menlu.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping. Setelah itu, Presiden akan menghadiri acara KTT G-20 dengan tiga acara utama yaitu working lunch,pertama. Acara ini mengambil tema development and climate change. Presiden Jokowi akan berbicara mengenai masalah climate change.

Kemudian, agenda kedua di G-20 adalah working session I. Tema yang diambil adalah inclusive growth, global economy, growth strategies, employment and investment. Sementara program ketiga di G-20 adalah working dinner.Isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah counter terrorism.

“Jadi, secara pokok yang akan dilakukan Presiden Jokowi bersama dengan para pemimpin G-20 tentunya akan ada penyambutan secara resmi dan pembukaan serta ada resepsi pada malam harinya,” kata Menteri Luar Negeri  Retno LP Marsudi dalam keterangan pers usai menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Hotel IC Santai, Antalya, Turki. (EN/ES)

Comments

comments