Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Upaya Tingkatan Produksi “PAJALE” Diwilayah, Danramil 0815 Dlanggu Gelar Evaluasi
  • Follow Us!

Upaya Tingkatan Produksi “PAJALE” Diwilayah, Danramil 0815 Dlanggu Gelar Evaluasi 

BERITA MOJOKERTO – Dalam rangka peningkatan produksi Pajale (Padi, Jagung dan Kedele/Kedelai) di Balai Pertemuan Komplek Wisata Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Danramil 0815/14 Dlanggu, Kapten Inf Subagyo bersama Koordinator PPL Kecamatan Dlanggu, Ibu Ninik S, SP, berkesempatan menggelar pertemuan dan penyuluhan dengan Gapoktan se-Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan produksi Pajale dalam menghadapi Musim Tanam 2015 yang jatuh pada bulan November dan Desember 2015.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 0815/14 Dlanggu, Kapten Inf Subagyo  bersama Koordinator PPL menyampaikan tentang kesiapan  Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) guna ketersediaan pupuk pada musim tanam ke depan, perlunya para petani melaksanakan pengolahan tanah yang baik, penerapkan pola tanam Jajar Legowo (Jarwo) khususnya pada tanaman padi, karena telah terbukti dengan pola tanam Jarwo dapat meningkatkan produksi.

Dengan pola tanam Jarwo rumpun padi akan lebih banyak, oksigen akan lebih banyak diserap oleh tanaman, tidak kalah pentingnya lagi jangan lupa bersihkan tanaman padi dari Gulma, laksanakan pemupukan  beriimbang, jangan lupa gunakan pupuk organik sebelum tanam, laksanakan cara panen yang baik dan benar sehingga mengurangi resiko hilangnya produksi akibat dari salah menerapkan pemanenan.

Kegiatan pertemuan dan penyuluhan kepada Gapoktan tersebut akan terus dilakukan secara keliling ke masing-masing Kelompok Tani yang tersebar di 59 Dusun dan 16 Desa se-Wilayah Kecamatan Dlanggu, dan saat ini sudah terdaftar sebanyak 56 Kelompok Tani.            

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Danramil 0815/14 Dlanggu, Koordinator PPL Kec. Dlanggu, Babinsa Ds. Randugenengan, PPL Ds. Randugenengan, Kades dan Perangkat Desa, Gapoktan dan Anggota Kelompok Tani.   Selama kegiatan berlangsung dengan tertinb dan aman. (Red)

Comments

comments