Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Juli 18, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Wujudkan Kondusifitas Wilayah, Babinsa Bubutan Gandeng Kelompok Gojek Online
  • Follow Us!

Wujudkan Kondusifitas Wilayah, Babinsa Bubutan Gandeng Kelompok Gojek Online 

BERITA SURABAYA – Menjalin komunikasi antara Komandan Koramil dan Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan dengan masyarakat bisa dilakukan di mana saja. Seperti yang dilakukan Koramil 0830/Bubutan dengan melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan para komunitas ojek on line (Gojek) di Jalan Babatan RT13/RW05, Kelurahan Gundih Surabaya.

Babinsa adalah kepanjangan tangan dan ujung tombak TNI AD, khususnya dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pembinaan kewilayahan untuk menciptakan kodusifitas wilayah yang aman, nyaman dan tentram dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga menunjang kegiatan pembinaan territorial terkait geografi, demografi dan kondisi sosial.

Kondisi di lapangan dihadapkan dengan keterbatasan personel dan padantnya tugas-tugas para Babinsa di wilayah, maka Babinsa harus dapat memanfaatkan potensi guna membentuk jaring teritorial sebagai partner atau mitra kerja di lapangan, bersifat formal maupun non formal.

Pantauan di lapangan, Babinsa Koramil 0830/Bubutan, tepatnya di Kelurahan Gundih, Sertu Agus Junaedy gelar kegiatan Komsos dengan Ketua Gojek Suminto, Sabtu, (7/11/2015) kemarin.

Kegiatan pengembangan jaring teritorial ini sebagai langkah lanjutan atas program Kodim 0830/Surabaya Utara, agar jajaran Kodim mengembangkan mitra kerja untuk mempermudah tugas-tugas Koramil hingga Babinsa di lapangan.

“Saya instruksikan kepada Koramil hingga Babinsa jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara, agar mengembangkan mitra kerja di wilayah sebagai langkah cepat dalam pantau wilayah guna mengantisipasi perkembangan situasi,” tegas Komandan Kodim 0830 Surabaya Letkol Infanteri Ahmad Fikri Musmar, saat ditemui Beritaekspres.com, di Kodim, Sabtu (7/11). 

Sedangkan menurut Komandan Koramil (Danramil) 0830/Bubutan Mayor Chb Sukimun, mengatakan pertemuan dengan komunitas Gojek yang dilakukan Babinsa kami, bertujuan untuk mengembangkan jarring teritorial.   Jumlah komunitas yang berada di wilayah Bubutan kurang lebih berjumlah 200 an personel, sedangkan di wilayah Gundih di keutai Suminto sebanyak 100 personel,” terang Danramil.

Lanjut, Mayor Sukimun, Komunitas Gojek adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi yang menggunakan armada ojek motor yang tersebar disekitaran kita, dengan sebaran lebih dari ratusan titik pangkalan dan sopir yang siap membantu segala kebutuhan konsumen yang dapt di hubungi via telepon atau on line. 

Babinsa dalam hal ini sangat membutuhkan mitra dinamis/bergerak di lapangan sebagai mitra dalam memperoleh informasi situasi wilayah untuk tugas deteksi maupun pencegahan dini.  Hal inilah yang mendorong kami dan Babinsa untuk mengajak menjadi mitra kerja.

“Bermitra kerja dengan mereka (Gojek red), diharapkan antara Babinsa dan Gojek dapat lebih mudah saling tukar informasi situasi wilayah melalui sarana hand phone yang mereka miliki,” pungkas Danramil.  (@hod) 

Comments

comments