Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Juli 19, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Bantu Program Upaya Khusus, Babinsa Burneh Bangkalan Bantu Petani Bangun Irigasi
  • Follow Us!

Bantu Program Upaya Khusus, Babinsa Burneh Bangkalan Bantu Petani Bangun Irigasi 

BERITA BANGKALANBintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0829 Bangkalan, Madura, Jawa Timur, membantu pembangunan saluran irigasi pada program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah setempat, kepada Kelompok Tani Tani Jaya di wilayah itu.

“Kami sengaja memerintah Babinsa agar turun tangan membantu mereka, sekaligus melakukan pengawasan, guna menantisipasi kemungkinan terjadinya penyimpangan,” kata Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto di Bangkalan, Jum’at (6/11/2015) pagi.

Dandim menjelaskan, dirinya sengaja menerjunkan Babinsa pelaksanaan program pembangunan irigasi upaya khusus swasembada pangan ini, karena institusi TNI berkepentingan agar pelaksanaan sesuai harapan.

“TNI ini kan ditunjuk pemerintah secara langsung untuk melakukan pendampingan pada petani guna mensukseskan program swasembada pangan. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya meningkatkan ketahanan pangan, harus diperhatikan,” katanya.

Sementara, pembangunan irigasi yang sedang berlangsung dan dikerjakan oleh kelompok tani Kelompok Tani   Tani Jaya bersama di Desa Naroan Kelurahan Tunjung Kecamatan Burneh itu pada tahap pengerukan, untuk selanjutnya dibangun permanen, dengan rata-rata panjang 150 meter, lebar 70 cm dan tinggi 70 cm. 

Untuk memastikan pekerjaan pembuatan irigasi dilaksanakan sesuai sasaran, maka para Babinsa telah mengadakan pengecekan dan pendampingan pengerjaan irigasi tersebut. 

Tidak hanya itu saja. Mereka juga membantu ikut membantu pekerjaan pembangunan salura irigasi yang dilakukan kelompok tani dengan swadaya itu.  (@hod)

Comments

comments