Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Januari 25, 2020
Halaman Home » Bekasi Kota » Kondisi Lalin Macet, Operasi Zebra 2015 di Kolong Tol JOR Kalimalang Dibubarkan
  • Follow Us!

Kondisi Lalin Macet, Operasi Zebra 2015 di Kolong Tol JOR Kalimalang Dibubarkan 

BERITA BEKASI – Operasi Zebra 2015 terus digelar di jajaran Polresta Bekasi Kota. Operasi gabungan antara Dinas Perhubungan Kota Bekasi dan Kepolisian Bekasi Selatan kembali digelar pada Sabtu (31/10/2015) kemarin.

“Ya ini Operasi Zebra 2015 sudah berjalan seminggu lebih, dan tinggal beberapa hari lagi akan berakhir nanti pada hari Rabu (4/11),” ujar Aiptu Nurmanto selaku pengendali lapangan (Padal) Operasi Zebra 2015 yang digelar di kolong tol jor Caman Kalimalang, selaku Wakil dari Kanit Lantas Polsek Bekasi Selatan, AKP Kasirun.

“Ya hari ini pak Kanit lepas piket dan saya pengendali lapangan operasi ini.” Tampak Aiptu Nurmanto berusaha untuk menghalau kondisi lalin (lalu lintas) yang mulai macet. “Suasana kondisi lalu lintas macet, makanya cepat kita bubarkan,” imbuhnya.

D3Sementara itu pengendali lapangan dari Dinas Perhubungan, Muhtar saat berbincang dengan Beritaekspres.com mengatakan, “Ya ini Operasi Zebra 2015 yang kita lakukan sudah berjalan lebih dari seminggu, hari ini kurang maksimal karena kondisi lalu lintas dari ke dua arah baik yang dari Jakarta maupun yang dari arah Bekasi menuju ke Jakarta macet, kalau dilanjutkan operasinya malu sama masyarakat kalau masih nangkap pelanggar,”jelasnya.

Ditandaskan oleh lelaki kelahiran Bima, 15 Juli 1976 bahwasanya semua anggota dari Dinas Perhubungan Kota Bekasi sudah dibubarkan untuk menghentikan Operasi Zebra 2015 ini. “Ya kita sudah bubarkan karena kemacetan cukup lumayan,” tukasnya.

Operasi Zebra 2015 biasanya digelar jam 09.30-12.00 WIB, namun pada Sabtu (31/10) dibuabrkan lebih cepat. Jam 11.00 WIB personil Polsek Bekasi Selatan dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi satu persatu mulai angkat kaki dari kolong jor Caman Kalimalang. Puluhan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang kir-nya telah habis sempat terjaring dalam Operasi Zebra 2015.

D2Selaku pengendali lapangan Muhtar yang baru 2 bulan bertugas di Terminal Kayuringin dan membawahi beberapa wilayah di antaranya Bekasi Selatan, Bekasi Timur, dan Bantargebang, Kota Bekasi tampak muter di sekitar kolong jor Caman untuk koordinasi dengan anggotanya.

Diakui oleh Muhtar bahwasanya para pelanggar cenderung karena kedapatan kir-nya telah mati. “Yang jelas tujuan utama kan kir, hidup atau mati karena banyak laporan dari kantor kita Dinas Perhubungan ternyata banyak mobil yang belum di kir, terutama menindak mobil yang belum uji,”jelasnya.

Ditandaskan lebih lanjut bahwa sasaran utama kita dalam Operasi Zebra 2015 ini mobil box, tronton, yang tidak sesuai peruntukannya, kadangkala ditambah tidak laik jalan. Pelanggaran lainnya seperti sabuk pengaman dan masalah teknik mobilnya seperti tidak adanya kaca spion dan yang lainnya.”

Himbauan para pengendara kepada masyarakat terutama agar melengkapi surat-surat penting dalam berkendaraan terutama kir-nya, STNK dan SIM. Selain itu pengendara agar menggunakan sabuk pengamanan demi keselamatan dalam bekerja. (Tejo Nagasakti)   

Comments

comments