Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Juli 19, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Dilanda Kemarau Panjang, Ribuan Umat Islam Pemkab Brebes Gelar Sholat Istisqo
  • Follow Us!

Dilanda Kemarau Panjang, Ribuan Umat Islam Pemkab Brebes Gelar Sholat Istisqo 

BERITA BREBES – Musim kemarau yang tak kunjung usai semakin membuat warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah khawatir dan cemas. Dengan diprakarsai oleh Kodim 0713 Brebes dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, ribuan umat Islam menggelar Sholat Istisqo atau Sholat meminta hujan. Sholat yang digelar di tengah lahan pesawahan ini membuat puluhan jamaah pingsan lantaran tak kuat menahan cuaca yang sangat panas menyengat, Senin (26/10/2015).

Kekeringan yang melanda areal pesawahan di Kabupaten Brebes Jawa Tengah selama 6 bulan terakhir ini membuat kalangan warga di Brebes, khususnya ribuan petani semakin terpuruk. Hujan yang tak jua turun membuat semua kalangan turut prihatin.

Dengan diprakasai Kodim 0713 Brebes serta Pemkab Brebes! Ribuan umat Islam dari berbagai kalangan seperti Pelajar, Santri, PNS dan TNI menggelar Sholat Istisqo dilahan pesawahan yang kering yang terletak di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Sebelum Sholat Istisqo dimulai, mereka terlebih dahulu menggelar Istisghosah dan doa bersama sebagai bentuk permohonan taubat kepada Sang Pencipta. Berbagai syarat pun dilakukan untuk afdolnya sholat Istisqo yang akan dilakukan, seperti ribuan santri berpuasa terlebih dahulu selama 3 hari berturut-turut serta membawa anak-anakan hewan ternak kambing.

Dengan Sholat ini diharapkan Tuhan Yang Maha Esa segera menurunkan hujan agar kesulitan warga khusunya para petani segera berakhir,” ujar KH Subhan Makmun salah seorang Tokoh Ulama di Kabupaten Brebes kepada Beritaekspres.com.

Sementara itu, Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti, mengatakan, tingkat keparahan akibat kekeringan ini telah melanda di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Akibatnya pengairan pertanian dan air bersih tidak bisa dinikmati warga saat ini, ujarnya.

Sholat yang digelar dibawah terik sinar matahari ini membuat puluhan jamaah jatuh pingsan. Sejumlah Panitia kemudian memberikan pertolongan kepada para jamaah untuk dilakukannya penyelamatan ke Posko Kesehatan. (Gunawan)

Comments

comments