Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Pilihan Redaksi » Protes Aturan Menteri Kelautan Susi, Ratusan Nelayan Pancer Geruduk Kantor Pemkab Banyuwangi
  • Follow Us!

Protes Aturan Menteri Kelautan Susi, Ratusan Nelayan Pancer Geruduk Kantor Pemkab Banyuwangi 

BERITA BANYUWANGI  – Kantor Pemkab Banyuwangi menjadi sasaran aksi demonstrasi gabungan nelayan Pancer, Lampon dan Rajegwesi, Kecamatan Pesanggaran. Massa yang berjumlah sekitar 400 orang ini menghendaki pencabutan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 01 Tahun 2015 tentang, pengaturan penangkapan lobster dan kepiting.

Para pendemo yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tersebut menilai aturan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mempengaruhi ekonomi mereka. Sebab, pasca berlakunya aturan tersebut banyak nelayan yang menganggur. Padahal sebelumnya lobster telah meningkatkan taraf kehidupan nelayan yang tinggal di sekitar pancer.

Rombongan yang datang menumpang truk dan mobil pribadi tersebut langsung bergerak menuju kantor Pemda Banyuwangi untuk menyuarakan penolakkan, sambil melakukan long march mereka menyuarakan aspirasi serta membentangkan poster berisi nada miring tentang menteri Susi. Para pengunjukrasa juga menegaskan bahwa nelayan bukan pencuri.

IMG_20151023_145354Aksi ratusan massa ini mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres Banyuwangi dalam orasinya, dari lobster nelayan pancer jadi kaya dan banyak yang punya mobil, sekarang tidak ada nelayan di sana yang jadi anak buah kapal, namun mereka punya kapal semua.

Orator massa pengunjuk rasa tersebut juga menyerukan bahwa pancer merupakan salah satu Dusun penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Banyuwangi, di banding Muncar yang terkenal sebagai kota ikan, Pancer yang juga memiliki pelabuhan ikan mampu menyumbang PAD Rp6 miliar pertahun.

Dengan aksi ini, meraka minta pemerintah daerah menyampaikan tuntutan kami ke Presiden Jokowi agar menteri susi diganti, bila aturan itu tidak diubah maka PAD Banyuwangi dari Pancer akan turun.

Mereka banyak menyidir tentang pendidikan menteri kelautan dan perikanan, dia bahkan menyatakan siap menggantikan pengusaha ikan tersebut sebagai menteri. Akhirnya 10 perwakilan pendemo diminta masuk ke Pemkab untuk bertemu dengan Asisten Pemerintahan Wiyono serta Kadis Perikanan dan Kelautan Banyuwangi, Pujo.

Usai bertemu dengan dua petinggi Pemda Banyuwangi tersebut ,massa lantas balik menuju gedung DPRD, mereka kembali menyuarakan tuntutan pencabutan Permen Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2015. (BN/rony)

Comments

comments