Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Timika Diselimuti Kabut Asap Tebal, BMKG Catat Ada 142 Titik Api di Papua Bagian Selatan
  • Follow Us!

Timika Diselimuti Kabut Asap Tebal, BMKG Catat Ada 142 Titik Api di Papua Bagian Selatan 

BERITA PAPUA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika BMKG) Kabupaten Mimika Papua mencatat sejak Jumat kemarin hingga hari ini jumlah titik api mencapai 142 titik di daerah Papua bagian selatan yakni Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mappi bahkan BMKG Timika juga menemukan adanya titik api di daerah Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Fak-Fak Papua Barat, Sabtu (17/10/2015).

Sementara dari pengamatan BMKG jarak pandang masih mencapi satu kilo meter sedang untuk jarak pandang fertikal berkisar delapan ratus svet. BMKG juga menemukan adanya titik api di daerah pegunungan Timika. Namun menurut BMKG titik api yang di temukan di daerah pegunungan Timika tidak terlalu besar.

Dari pantau satelit BMKG menemukan sebaran kabut asap  berwarna kecokelatan yang bersumber dari titik api di daerah Merauke dan daerah Kabupten Mappi dengan kisaran kecepatan angin sementara yang di catat BMKG dari daerah Merauke mencapi  15-20 not dan angin tersebut membawa kabut asap ke beberapa Kabupaten terdekat, termasuk di Kabupaten Mimika Timika Papua.

Kabut asap akibat kebakaran lahan  di beberapa daerah Kabupaten Kota di wilayah Papua membuat beberapa daerah di Papua masih merasakan dampak kabut asap tersebut seperti di Kota Timika sampai saat ini warga Timika bepergian keluar rumah terpaksa harus menggunakan masker bahkan tampak di dalam Kota Timika sendiri terlihat kabut asap yang masih menyelimuti Kota kendaran roda dua seperti motor terpaksa harus menyalakan lampu menjaga adanya kecelakan.

Pantauan Beritaekspres.com, bahkan dari pagi hari hingga sore ini warga Timika tidak merasakan adanya matahari, namun Kota Timika terlihat gelap akibat di selimuti kabut asap yang cukup pekat.  (Cardo)

Biro Papua

Comments

comments