Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Januari 25, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Gamelan Kali Jaga Semarakan Panggung Batang Expo 2015
  • Follow Us!

Gamelan Kali Jaga Semarakan Panggung Batang Expo 2015 

BERITA BATANG – Kolaborasi gamelan dan musik modern Kali Jogo, Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, Selasa (1/9/2015) pagi ini tampil di panggung Batang Expo, di Lapangan Dracik. Grup musik dari Desa yang berlokasi di pedalaman hutan jati Alas Roban, itu akan menyuguhkan lagu-lagu kasidah, dangdut, melayu, pop, keroncong, sampai rock.

‘’Grup Gamelan Kali Jaga ini manifestasi dari gabungan aliran berbagai musik ada kasidah, pop, maupun klenengan yang menggunakan gamelan selanjutnya kami kolaborasikan dengan aliran pop modern,’’ ujar sang konduktor Faqih Usman. Dia menuturkan, kolaborasi musik itu digagas berdasarkan masukan dari masyarakat.

Mengingat, mereka menyenangi aliran berbagai musik. Gayung pun bersambut, aspirasi masyarakat itu disambut antusias kreativitas anak muda yang tergabung dalam panji-panji Karang Taruna Bhakti Kawula Muda (Bhalada), sehingga terbentuklah gabungan musik itu.

‘’Kami mengakomodasi keinginan warga, sehingga terciptalah kolaborasi gamelan dan musik modern. Alat-alatnya pun perpaduan tradisonal dan modern ada kendang, gamelan, gong, saron, drum, gitar, organ, maupun rebana, dan krincing icik-icik,’’ imbuh Kusrini, Humas Grup Gamelan Kolaborasi Kali Jaga.

Dia menuturkan, anggota grup musik juga kolaborasi mulai anakanak SLTP-SLTA, mahasiswa sampai guru. Selain itu, karyawan swasta maupun wiraswastawan. ‘’Bahkan ibu-ibu rumah tangga juga ikut bergabung. Ini semua wujud, dari kolaborasi warga Kemiri Barat.’’

Rini menambahkan, grup Gamelan Kolaborasi Kali Jaga tampil kali perdana saat Desa Kemiri Barat mengadakan parade Hari Proklamasi Sabtu (22/8) lalu.

Saat itu pengunjung dari berbagai desa dibuat terpukau. Kades Kemiri Barat Ali Muhyidin, menambahkan keberadaan grup musik itu, menambah jati diri desanya sebagai Desa Budaya.

Mengingat selama ini sudah banyak grup kesenian di desanya, mulai dari kasidah, band, keroncong, klenenengan dan uyon-uyon, marching band, selain itu grup kesenian seperti kuda lumping, barongan, maupun ketoprak.

‘’Kebanggaan bagi kami saat grup ketoprak Desa Kemiri Barat menjadi duta wisata Provinsi Jateng tampil dalam anjungan Taman Mini Indonesia Indah. Saat itu pengunjung antuasias menyambut.’’

Camat Subah Tohiri menuturkan, wilayahnya terkenal sebagai gudangnya seni dan budaya. ‘’Desa-desa di Kecamatan Subah ini memiliki grup kesenian tradisional yang terus dilestarikan, salah satunya Kemiri Barat. (Boy)

Biro Jawa Tengah

Comments

comments