Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Juli 18, 2019
Halaman Home » Jurnal Warga » Program Jambanisasi, Bantuan Kodim 0808 Blitar Jawa Timur, Bagi Warga Tak Mampu
  • Follow Us!

Program Jambanisasi, Bantuan Kodim 0808 Blitar Jawa Timur, Bagi Warga Tak Mampu 

BERITA BLITAR – Hidup sehat tentunya diidamkan banyak orang, sehat itu mahal harganya, tak luput  dari itu semua sebagai warga yang dapat dikatakan kurang mampu, amat sangat mendambakannya tentang kesehatan walau mereka hidup serba kekurangan.

Berkaitan dengan keberadaan warga kurang mampu yang masih banyak tidak memiliki jamban/WC sebagai sarana untuk buang hajat, maka Kodim 0808 Blitar mengadakan pembuatan jamban yang didanai dari Bidang Karya Bhakti TNI-AD, guna membantu meringankan beban mereka.  Adapun semua material menurut Komandan Kodim 0808 Letkol Armed Tejo Widhuro, disediakan oleh Kodim,  termasuk tenaga penggarapnya. “Kami melibatkan personil seluruh Babinsa, untuk membangun jamban di rumah-rumah penduduk,” katanya, Jambanisasi KOdim Blitar (6) 

Ia menerangkan  program pembangunan jamban  ini didorong karena rasa prihatin kepada warga tidak mampu, “Taraf ekonomi mereka rata-rata  dari kalangan menengah ke bawah,  jangankan untuk membuat kakus, untuk mencukupi keperluan hidup sehari-hari pun mereka sulit,” ungkapnya.  

Kegiatan ini katanya,  juga bertujuan untuk pola hidup bersih dan sehat.  “Sehingga dengan adanya program ini, diharapkan warga dapat lebih terjaga kesehatannya, kemudian warga tidak perlu repot keluar rumah mencari kali atau kebun untuk buang hajat,” tutur Dandim.  

Pembuatan jamban (WC) di prakarsai oleh Kodim 0808 Blitar ini,  yang diutamakan pada warga kurang mampu tersebut,  akan ditargetkan  dalam  dua  wilayah pemerintahan, yakni wilayah Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, adapun  target keseluruhan pembangunan jamban tersebut mencapai 350 unit,  sebagai rangkaian kegiatan Karya Bhakti Kodim 0808, pembuatan jamban secara simbolis dilakukan di rumah milik ibu Sriatun (63)  janda dua anak di Ds. Genengan Kec. Doko Kab. Blitar.Jambanisasi KOdim Blitar (7)

Sementara itu, Dandim 0808 Blitar, Letkol Arm. Tedjo Widhuro  menyebutkan,  kegiatan pembangunan jamban juga didukung  oleh  Pemerintah  Kab/Kota Blitar,  sedangkan proses pengerjaannya dilakukan  secara bertahap  dengan melibatkan  seluruh personel babinsa, pemuda dan warga desa setempat,  ujarnya. “ Program ini merata dilakukan secara menyeluruh di berbagai daerah, dan merupakan murni dana dari TNI-AD bidang Karya Bhakti,  yang bertujuan untuk membantu warga kurang mampu dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih,” katanya lagi.

Dilokasi pembuatan Jamban tersebut Komandan Koramil 0808/13 Doko Kapten Cba Chudori,  juga ikut dalam pengerjaannya bersama-sama anggotanya, ia mengatakan bahwa sekecil apapun pekerjaan yang berkaitan dengan sosial yaitu membantu meringankan beban sesama tentunya akan mendapatkan pahala dengan tidak mengharapkan jasa atau pamrih apapun dari pihak yang kita bantu.Jambanisasi KOdim Blitar (16) (1)

Ia menjelaskan pembuatan jamban yang ada diwilayahnya sebanyak 26 unit, dengan rincian, Desa Doko 2 unit, Genengan 4 unit, resapombo 3 unit, plumbangan 2 unit, Sidorejo 3 unit, Slorok 2 unit, Sumberurip 3 unit, Jambe pawon 2 unit, Kalimanis 2 unit dan Desa Suru 3 unit, kata Danramil yang hobby olah raga tenes lapangan ini. (TJ/hery)   

Comments

comments