Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Oktober 18, 2017
Halaman Home » Ragam » Moge 1000 cc Bermesin Mobil, Gegerkan Kota Tegal
  • Follow Us!

Moge 1000 cc Bermesin Mobil, Gegerkan Kota Tegal 

BERITA TEGAL – Sepeda motor bermesin besar sudah biasa dan banyak dimodifikasi para bikers diseantero jagad raya. Namun apa jadinya jika sebuah sepeda motor menggunakan mesin mobil berkapasitas 1000 cc? Tentunya hal tersebut sangatlah tak lazim dan menjadi banyak perbincangan dikalangan para bikers.

Jika Kota Bandung, Jawa Barat dikenal Paris Van Java, Kota Tegal Telah lama menyandang predikat sebagai Japan Van Java. Berbagai produk industri logam dapat dibuat oleh tengan-tangan terampil warga Tegal, Jawa Tengah. Oleh karena itu Kecanggihan warga Tegal pun tak perlu diragukan lagi.

Seperti halnya untuk urusan bongkar pasang, modifikasi hingga pembuatan motor besar (moge-red) pun ternyata warga Tegal ini mampu untuk membuatnya. Terbukti dengan terciptanya sebuah sepeda motor berkapasitas besar yang menggunakan mesin mobil terlihat tengah melenggang dengan garangnya di kerasnya aspal Pantura.

Sebut saja Boy Rasta dan Dimas Bagus, warga jalan Lumba – lumba, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah ini. Saat di temui dikediamannya yang sekaligus dijadikan bengkel pribadinya tengah asik mengotak atik moge garapannya. Raungan suara yang dihasilkan dari kuda besinya tersebut terdengar sangat mengelegar.Moge buatan Tegal 3 (1)

Ditangan terampilnya ini, Mesin mobil Daihatsu Jetstar keluaran tahun 1988 ini disulapnya menjadi sebuah moge layaknya motor besar keluaran pabrikan Harley Davidson yang sudah tersohor. Gigi Transmisi dan motor penggeraknya pun digarapnya seperti sepeda motor pada umumnya.

Motor besar garapannya tersebut memiliki panjang 2,35 meter. Dengan menggunakan velg ring 17 yang  dibalut dengan ban Diablo ukuran 120/ 70 pada ban depan dan pada ban belakangnya berukuran 200 / 55, nampak terlihat semakin gahar dan sedap dipandang mata. Moge dengan bobot 1,5 kuintal ini terlihat sangat garang dijalanan.

Untuk bahan bakarnyapun terbilang sangatlah irit. Jika pada asalnya untuk kelas mobil daihatsu jetstar mampu menghabiskan bahan bakar dengan ukuran 1 liter 15 kilo meter, Apalagi jika mesin tersebut digunakan pada sepeda motor yang memiliki bobot lebih ringan ketimbang mobil. Tentunya pemakain bahan bakar akan menjadi lebih irit karena megangkut beban yang lebih ringan.

Saat ditemui Beritaekspres.com, Boy Rasta mengungkapkan, penggarapan motor bermesin mobil ini mampu diselesaikannya dalam kurun waktu 3 bulan saja. Dari rangka jenis rigit dan pengesetan mesin motor digarap dengan Dimas Bagus yang merupakan adik kandungnya, yang juga sama-sama pecinta motor besar. Menurutya Kesulitan terbesar terletak pada pengubahan transmisi gigi dan motor penggeraknya. Namun semua itu dapat diselesaikannya dengan penuh kesabaran dan ketelitian ujarnya.

Raungan suara knalpot moge yang dihasilkan begitu menggelegar namun empuk untuk didengar. Moge berkonsep ekstrem inipun memiliki keunikan tersendiri. Yakni jika terjadi kerusakan fatal dan memaksa untuk harus turun mesin tidaklah repot dan sulit untuk membongkarnya. Pasalnya, rangka rigit pada sepeda motornya ini sengaja dibuat knock down. “Gak susah dan gak rumit kalo mau bongkar mesin. Tinggal copot rangka kanan atau kiri lalu pada bagian bawah mesin tinggal diganjal meja kecil beroda. Mesin akan turun sendiri tanpa memerlukan bantuan tenaga banyak orang ujarnyaMoge buatan Tegal 4

Ide gila ini sebenarnya sudah ada dibenaknya sejak 2 tahun silam. Namun baru ditahun 2015 ini impian besarnya dapat terwujud. “Bermodalkan kenekatan dan keberanian akhirnya tercipta sudah motor besar bermesin mobil ini”. Mencari info pembuatan motor besar untuk di Kota sekecil Tegal ini amatlah sulit. Sejumlah bengkel dan tempat modifikasi motor banyak yang mampu menggarapnya dengan konsep menggunakan roda tiga.

Rata-rata mereka tak mampu jika membuat motor bermesin mobil ini menggunakan roda dua layaknya sepeda motor pada umumnya. Dianggapnya sangat mustahil dan mengada-ada konsep motor roda dua bermesin mobil ini, ujar Dimas. Namun Hal tersebut tak menyurutkan tekad kami. Dengan perhitungan matang akhirnya kami beranikan diri untuk membuatnya, imbuhnya.

Ketika dikendarai, banyak orang yang melihatnya akan berfikir motor besar yang ditungganginya tersebut adalah motor Harley Davidson bertype fatboy. Namun jika diteliti secara seksama orang akan terkesima dan tidak menyangka jika ternyata moge tersebut bermesin mobil, ungkap dimas yang mendampingi Boy Rasta saat wawancara dengan Beritaekspres.com.

Sementara itu Walikota Tegal, Hj. Siti Masitha Soeparno yang akrab di sapa Bunda Sitha mengatakan, terciptanya sebuah motor besar bermesin mobil ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kota Tegal. Dirinya pun tak menyangka jika ada putra tegal yang ternyata mampu untuk membuat motor besar.

“Yang kita tahu penggarapan maupun modifikasi motor – motor berkapasitas mesin besar hanya ada di Kota – Kota Besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, namun ternyata di Kota Tegal pun kini mampu merakit dari awal hingga finishing”.

Hal ini sangatlah membanggakan dan layak untuk diacungi jempol. Hasil karya ini sangat layak untuk menjadi percontohan ataupun untuk Teknologi Tepat Guna, paparnya

Kami selaku Pemerintah Kota Tegal selalu mendukung penuh kegiatan – kegiatan yang bersifat positif yang tercipta dari tangan – tangan terampil Putra Tegal. Bunda Sitha berharap ada Putra Tegal lainnya yang juga mampu berinovasi dan berkarya positip untuk menciptakan sebuah karya apapun bentuknya yang tentunya akan semakin mengharumkan nama kota Tegal. (Boy)

Biro Jawa Tengah

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments