Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Juli 20, 2019
Halaman Home » Nasional » Ketua MK Undang Presiden Jokowi Beri Sambutan Pertemuan MK Se-Dunia
  • Follow Us!

Ketua MK Undang Presiden Jokowi Beri Sambutan Pertemuan MK Se-Dunia 

BERITA JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat didampingi Sekretaris Jenderal Janedjri M Gaffar dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Menurut Arief, kedatangannya itu dimaksudkan untuk beraudiensi dan menyampaikan undangan kepada Presiden untuk memberi sambutan dalam beberapa rangkaian acara peringatan hari ulang tahun MK yang jatuh pada 13 Agustus 2015.

“Kedatangan kami ingin meminta kesediaan Presiden untuk memberi sambutan dan membuka acara-acara dalam rangka ulang tahun MK,” kata Arief kepada wartawan seusai diterima Presiden Jokowi.

Rangkaian acara dalam peringatan Hari Ulang Tahun MK, menurut Arief, di antaranya juga ada acara simposium internasional, yang akan dihadiri oleh 250 peserta dari 22 negara, di antaranya terdiri dari presiden dan ketua-ketua MK di seluruh dunia.

“Kami mengundang Presiden untuk jamuan makan malam dengan peserta tersebut tanggal 16 Agustus di Hotel Fairmont, Jakarta. Jamuan makan ini sekaligus memperingati ulang tahun MK yang ke-12,” jelas Arief.

Selain itu, Presiden Jokowi juga direncanakan hadir pada acara pembukaan simposium internasional yang akan diselenggarakan di Istana Kepresidenan, pada tanggal 15 Agustus mendatang.

Calon Sekjen

Saat bertemu Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Senin (10/8) itu, Ketua MA Arief Hidayat mengaku juga melaporkan tentang pemilihan Sekjen MK, yang kandidatnya kini tinggal 3 (tiga) orang, yaitu Budi Achmad Djohari, Ak., Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, dan Ir. Noor Sidharta, M.H., M.B.A.

“Keputusan ada di tangan Presiden, nanti siapa yang akan ditunjuk untuk menggantikan Sekjen yang sekarang ini. Ketiga orang tersebut adalah Pejabat Eselon II dari MK,” ujari Arief seraya menyebutkan, yang terpilih nantinya akan mennggantikan  Janedjri M Gaffar yang sudah 12 tahun menjabat dan mampu membangun bersama Ketua MK sebelumnya, yaitu Jimly Asshidiqie, Mahfud MD, dan Akil Mohtar, dan Hamdan Zoelvayang menjadikan MK sebagai lembaga yang prestisius, tidak hanya diakui di tingkat nasional, tapi juga mendapat penghargaan secara internasional.

(DND/ISP/ES)

Comments

comments