Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Januari 18, 2019
Halaman Home » Lifestyle » Miliki Gizi Tinggi, Sambil Santai Menikmati Jamur Tiram Rasa Daging Kambing Muda
  • Follow Us!

Miliki Gizi Tinggi, Sambil Santai Menikmati Jamur Tiram Rasa Daging Kambing Muda 

BERITA TEGAL – Sebagai Tumbuhan yang memiliki sumber gizi yang cukup tinggi, Jamur Tiram ternyata dapat diolah menjadi berbagai masakan khas yang memiliki rasa bercita rasa tinggi. Selain di bumbu pepes dan disayur atau di sop, jamur tiram ini pun dapat di olah menjadi satai. Seperti yang dilakukan oleh Alimin (35), seorang pemuda asal Desa Bengle, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini memiliki cara unik dan kreatif dalam mengolah Jamur Tiram menjadi Satai jamur bercita rasa kambing muda yang dikenal empuk, manis dan lezat.

Untuk mendapatkan pembakaran yang baik dan merata pada jamur tiram olahannya, Alimin memiliki cara yang unik, yakni dalam proses pembakarannya dirinya menggunakan wadah dari genting rumah. Genting rumah sengaja dipilih sebagai tatakan atau alas pembakaran karena genting terbuat dari tanah liat yang juga tahan akan panas serta tidak membuat jamur menjadi lengket atau melekat pada wadah. Selain itu juga memiliki nilai ekonomis dan mudah didapat.Sate Jamur 5

Proses pembakaran pada jamur tiram ini pun harus terus dibolak balik, mengingat jamur tiram memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah sekali hangus. Sebelum dibakar, Alimin mengoleskan jamur tiram dengan campuran minyak kelapa yang telah diberi margarin, kecap dan jeruk limau, sehingga satai jamur yang dihasilkan memiliki rasa seperti satai yang terbuat dari daging kambing muda yang empuk dan lezat.

Deddy Satrio, salah seorang pembeli mengatakan, Awalnya ia mengira jika satai yang diberikan temannya ini adalah satai kambing muda. Namun ternyata setelah dijelaskan satai yang telah dimakannya adalah satai yang terbuat dari jamur tiram. Dirinya tak mengira jika ternyata satai jamur ini sama nikmatnya dengan satai kambing. Selain lezat dan kaya akan gizi, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan harga satai ayam maupun satai kambing, ujarnya.

Jika ada kesempatan, kerap kali dirinya membeli satai jamur tiram ini sebagai menu untuk makan bersama keluarga tercinta dirumah.

Sate Jamur 2Sementara itu Alimin, penjual satai jamur tiram mengatakan, Awalnya dirinya tak sengaja menemukan resep ini. Sudah berbagai jenis olahan masakan dari jamur tiram dibuatnya, seperti pepes jamur, sop jamur tiram dan masakan olahan jamur lainnya. Tak cukup sampai disini, dirinya lalu mencoba untuk membuat satai jamur. Setelah terus dikembangkan, ternyata satai jamur tiram buatanya ini banyak yang menyukainya. Dalam per harinya, 10 kilo gram jamur tiram habis ludes terjual.

Kebanyakan dari pelanggannya yang menyukai satai jamur dengan bumbu kecap yang diberikan irisan bawang merah, potongan tomat muda, cabai dan kecap manis serta kucuran air jeruk limau dan taburan bawang goreng untuk mendapatkan satai jamur tiram bersensasi satai kambing muda. Sementara, untuk mendapatkan satai jamur berasa satai ayam, Alimin memberikannya bumbu kacang.

Harga untuk setiap 20 tusuk satai jamur tiram buatannya di bandrol dengan harga Rp. 14.000. Sebuah harga yang terbilang terjangkau kantung demi mendapatkan sensasi rasa yang sensasional.  (Boy)

Biro : Tegal-Jawa Tengah

Comments

comments