Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Juli 19, 2019
Halaman Home » Lifestyle » Wow! Saking Tingginya Gedung Burj Khalifa Punya 3 Zona Berbuka Puasa!
  • Follow Us!

Wow! Saking Tingginya Gedung Burj Khalifa Punya 3 Zona Berbuka Puasa! 

DI berbagai wilayah di dunia, kita mengenal pembagian zona waktu. Pembagian ini didasarkan pada letak geografis suatu wilayah berdasarkan koordinat tertentu. Perbedaan koordinat ini memunculkan adanya pembagian zona waktu. Bagi umat muslim, pembagian zona waktu itu membuat adanya perbedaan waktu dalam menjalankan ibadah puasa.

Di Indonesia sendiri kita mengenal 3 pembagian zona waktu. Dalam skala yang lebih kecil, beberapa wilayah di provinsi yang sama juga memiliki perbedaan waktu sehingga waktu imsak dan berbuka puasa menjadi berbeda.

Namun, tahukah Anda bahwa di dunia ini ada sebuah bangunan yang juga memiliki perbedaan waktu dalam berbuka puasa? Ya, Anda tentu mengenal Burj Khalifah. Gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Dubai itu memiliki perbedaan waktu berbuka puasa di setiap lantainya. Wow, kenapa bisa begitu ya?

Kementerian Urusan Islam dan Amal Sosial di Dubai (Uni Emirat Arab) kabarnya telah menetapkan jadwal imsakiyah khusus bagi gedung ini. Aturan ini diberlakukan mengingat adanya kaidah terkait tinggi dari suatu wilayah. Setiap tinggi 1 derajat adalah setara dengan beda waktu 4 menit, maka selisih tinggi matahari antara lantai dasar dan lantai teratas setara dengan beda waktu 3 menit.

Burj Khalifa sendiri memiliki 828 meter yang berdiri di atas daratan dengan elevasi 5 meter. Lantai teratas gedung ini berada pada ketinggian 585 meter. Dengan ketinggian ini maka matahari akan terbenam atau terbit pada -1,54 derajat dari cakrawala. Sementara, tinggi matahari  terbenam dan terbit di lantai terdasar adalah -0.90 derajat.

Jika dilihat berdasarkan ketinggian lantai, maka waktu berbuka puasa pada ketinggian 116 meter adalah sama dengan waktu berbuka puasa di lantai dasar ditambahkan satu menit. Sementara, di ketinggian 116 hingga 373 meter ditambahkan dua menit. Dan pada ketinggian antara 373 hingga 585 meter ditambahkan tiga menit.

Wah, ini berarti Burj Khalifa kembali menorehkan rekor sebagai satu-satunya gedung yang memiliki perbedaan waktu Imsakiyah di dunia. Tentu saja ini adalah hal yang sangat mengagumkan. (***)

Comments

comments