Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Nasional » Komisi V DPR-RI, Angkutan Laut Perlu Improvisasi dan Terintegrasi
  • Follow Us!

Komisi V DPR-RI, Angkutan Laut Perlu Improvisasi dan Terintegrasi 

BERITA JAKARTA – Komisi V DPR ingin memastikan kesiapan arus mudik angkutan laut berjalan lancar, termasuk kelengkapan fasilitas yang ada sesuai misi kemaritiman yang digaungkan pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana saat meninjau Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (3/7). Dia mengatakan meski fasilitas yang ada di Pelabuhan Tanjung Emas sudah baik dan lengkap, namun ke depan bisa terus ditingkatkan demi kenyamanan penumpang.

Pihaknya menginginkan agar penumpang yang turun di pelabuhan bisa diakomodasi dengan angkutan publik. Sebab, tidak semua penumpang yang tiba dijemput sanak dan saudara. Akses transportasi menuju ke kota menjadi salah satu elemen penting untuk kelancaran dan kenyamanan pemudik. Ia mengapresiasi arus mudik menggunakan jalur laut meski okupasi penumpang masih jauh dari harapan.

“Sesuai jadwal bagus, tadi saya lihat meskipun penumpang sedikit namun kapalnya tetap berangkat hal itu menunjukkan kredibilitas dan profesionalisme dalam bisnis angkutan. Dengan angkutan laut bisa menekan kepadatan jalan. Kami berharap promosi angkutan laut ini terus ditingkatkan karena bisa mengurangi beban jalan,” ujarnya.

General Manajer PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi mengatakan, seluruh fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan dan memperlancar arus mudik sudah dipersiapkan.

Tahun ini pihaknya menyiapkan fasilitas tambahan berupa bus Damri gratis bagi pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas.

“Bagi para pemudik yang berdomisili di sekitar Semarang tidak perlu khawatir karena pelabuhan terhubung dengan BRT yang jadwal keberangkatannya setiap 15 menit,” pungkas Suhardi. (Oji)

Comments

comments