Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 12, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Dishub Kota Bekasi, Sopandi Budiman: Uji Coba Parkir System Meter Guna Kurangi Parkir Liar
  • Follow Us!

Dishub Kota Bekasi, Sopandi Budiman: Uji Coba Parkir System Meter Guna Kurangi Parkir Liar 

BERITA BEKASI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi tengah melakukan uji coba terhadap penerapan mesin parkir meter dalam rangka mengantisipasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) akibat parkir liar.

“Ini merupakan bagian dari program ‘Smart City‘ yang sedang kita bangun di Kota Bekasi yang di dalamnya termasuk pengentasan parkiran liar,” kata Kepala Dishub Kota Bekasi Sopandi Budiman kepada Beritaekspres.com, melalui telepon selulernya, Minggu (31/5/2015).

Menurutnya, uji coba mesin parkir meter itu dilakukan pihaknya di sejumlah kawasan yang dianggap telah memiliki sistem lalu lintas yang ideal. Kawasan itu di antaranya, kompleks pertokoan Perumahan Taman Galaxy, Bekasi Selatan, serta di depan gedung Pakpak Jalan Ir H Djuanda, Bekasi Timur.

Pihaknya akan menyebar sekitar sepuluh unit mesin parkir meter di lokasi itu untuk ditinjau manfaat serta hasilnya. “Kalau pemasangan itu hasilnya bagus, kita akan pasang secara menyeluruh di Kota Bekasi,” terangnya.

Sopandi menjelaskan, alat tersebut didatangkan pihaknya dari hasil kerja sama dengan pihak swasta di Indonesia. “Sistem kerjanya mirip seperti voucher pulsa yang dapat dipakai untuk membayar parkir melalui kartu yang akan diperjualbelikan. Pulsa yang dipotong dari mesin itu dihitung berdasarkan lamanya parkir dan uangnya langsung disetor ke bank,” katanya.

Sistem itu dipercaya Sopandi dapat meminimalisir dampak penyelewengan dana parkir yang kerap dilakukan oleh oknum petugas parkir liar maupun oknum pejabat terkait. Dishub menargetkan, mesin tersebut sudah dapat diterapkan di 12 kecamatan se-kota Bekasi paling lambat Juni 2015.

“Saat ini tinggal surat keputusannya saja ditandatangani. Kita targetkan Juni mendatang sudah siap dipakai,” tandasnya. (red)

Comments

comments