Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Pendidikan » LBH Jakarta Menilai, Surat Pemecatan Kepsek SMA Negeri 3 Jakarta, Retno Listyarti Cacat Hukum
  • Follow Us!

LBH Jakarta Menilai, Surat Pemecatan Kepsek SMA Negeri 3 Jakarta, Retno Listyarti Cacat Hukum 

BERITA JAKARTA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) mengecam surat keputusan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta yang memecat Kepala SMA Negeri 3 Jakarta, Retno Listiyarti. LBH menilai surat keputusan tersebut cacat secara hukum.

“SK ini ditunjukan pemindahan dan penugasan dari Kepsek SMAN 3 menjadi SMAN 13, tetapi di SK ini tidak ada tugas ke mana dan apa tugasnya,” kata Kepala Bidang Penanganan Kasus Muhammad Isnur, di LBH Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2015).

Isnur menjelaskan, apabila seseorang melakukan kesalahan secara lima hari berturut-turut itu hanya diberikan teguran lisan. Tetapi, Retno hanya sekali salah langsung pemberhentian.

Masih kata Isnur, selama Retno mengisi Berita Acara Perkara (BAP), ada unsur-unsur kecacatan yang dilakukan dalam BAP tersebut. “Selama pukul 07.00 WIB, tanpa klarifikasi yang jelas. Retno tanpa dikasih kesempatan untuk berbicara dan Retno juga tidak dikasih makan dan handphone disita,” ujar Isnur.

Isnur melihat surat pemecatan bagi Retno lebih pada kebencian ketimbang pelanggaran hukum. Isnur menyesalkan keputusan yang diambil Ahok tersebut.

“Langsung diancam pecat bukan berdasarkan fakta hukum. Besok kami akan datang ke Balai Kota untuk soal ini dan kami juga akan melaporkan Ombudsman juga,” tutupnya.

Diketahui, Retno dipecat lantaran ketika Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Basuki melakukan peninjauan UN ke SMA Negeri 3 Jakarta Barat, dia malah keluyuran. Saat itu Retno malah diwawancarai oleh salah satu stasiun tidak mengenakan seragam. (Mdk)

Comments

comments