Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Nasional » Panglima TNI Moeldoko, Buka Pembekalan Bintal Fungsi Komando
  • Follow Us!

Panglima TNI Moeldoko, Buka Pembekalan Bintal Fungsi Komando 

BERITA JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko secara resmi membuka Pembekalan Pembinaan Mental (Bintal) Fungsi Komando dengan tema “Kita Tingkatkan Peran Komandan Satuan Dalam Membangun Mental Prajurit TNI Yang Tangguh” di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/4/2015).

Pembekalan yang dilaksanakan selama satu hari ini, diikuti oleh 104 orang peserta  terdiri dari 4 orang Mabes TNI, 50 orang TNI AD, 30 orang TNI AL, dan 20 orang TNI AU.

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa, learning organization adalah organisasi pembelajaran dimana para senior memberikan hal-hal positif untuk ditranformasikan kepada anggotanya, sehingga pengalaman yang didapatkansebagai Komandan Kompi diberikan kepada Komandan Pleton dan akan terjadi percepatan karena ilmunya sebagai Komandan Batalyon (Danyon) ditransformasikan kepada para komandan bawahannya.IMG_7888

“Jadi faktor sebuah lingkungan dalam sebuah organisasi sungguh memberikan inspirasi, memberikan motivasi, menjanji seseorang untuk melakukan inovasi dan lain sebagainya. Itulah learning organization, dalam kehidupan satuan di Batalyon figur sentralnya ada dua yaitu Komandan dan Wakil Komandan. Apabila figur sentralnya tidak kuat maka akan merusak organisasi secara struktur, bisa dibayangkan bila seorang Danyon dengan Wakilnya selalu berselisih paham maka anggotanya akan terguncang juga,” jelas Panglima TNI.IMG_8008

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa, pada posisi sentral Komandan dan Wadan menjadi suritauladan atau referensi bagi bawahan.  Apakah bisa menjadi tokoh atau tidak disinilah peran leadership, sehingga perlu adanya keunggulan. “Keunggulan yang harus dimiliki ada tiga. Pertama, keunggulan moral, moral antara ucapan dengan perilaku harus terjaga dengan baik. Kedua, keunggulan intelektual, seorang pimpinan harus mampu menyampaikan sesuatu information rule kepada bawahannya, para Komandan harus bisa mentransformasikan ilmu kepada bawahan. Ketiga, keunggulan fisik, seorang pimpinan harus di dukung dengan kondisi yang prima”, tegas Jenderal TNI Moeldoko.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Kasum TNI Marsdya TNI Dede Rusamsi, S.E, M.M, Irjen TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin, Wakasal Laksdya TNI Widodo, Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M.Fuad Basya. (Red)

 

Comments

comments