Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Agustus 26, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Cek Kesiapan UN SMP, Mendikbud Lakukan Koordinasi Pusat dan Daerah
  • Follow Us!

Cek Kesiapan UN SMP, Mendikbud Lakukan Koordinasi Pusat dan Daerah 

BERITA JAKARTA – Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan dilaksanakan pada  4 s.d. 7 Mei 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melalui konferensi video jarak jauh, melakukan koordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan dinas pendidikan provinsi. Koordinasi tersebut dilakukan sebagai upaya mengetahui persiapan pelaksanaan UN jenjang SMP di masing-masing provinsi.

“Saya sampaikan apresiasi kepada bapak dan ibu yang meluangkan waktu untuk melakukan konferensi video jarak jauh. Konferensi video ini dilakukan sebagai upaya pengecekan terakhir persiapan pelaksanaan UN SMP,” ujar Mendikbud pada konferensi video jarak jauh, di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (30/04/2015).

Kepada para dinas pendidikan provinsi dan LPMP Mendikbud menekankan dua hal, yaitu kedisplinan dan komunikasi. Dalam menerapkan kedisiplinan, Mendikbud mengimbau para pelaksana UN dapat mengikuti norma dan standar yang telah ditetapkan selama pelaksanaan UN. Selain itu juga, Mendikbud mengajak dinas pendidikan dan LPMP untuk selalu aktif berkomunikasi dengan pihak Kemendikbud.

“Hal ini diupayakan agar berbagai kendala dalam pelaksanaan UN dapat diselesaikan dengan baik,” tutur Mendikbud.

Beberapa provinsi menyampaikan laporan persiapan pelaksanaan UN Jenjang SMP, di antaranya Provinsi Maluku Utara, menyampaikan bahwa naskah soal sudah mulai didistribusikan pada tanggal 27 April s.d. 3 Mei April 2015 dimulai dari kabupaten terjauh. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara menyampaikan, secara keluruhan pelaksanaan UN SMP sudah siap dilaksanakan.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Damber Liwan menyampaikan persiapan pelaksanaan UN SMP di provinsi tersebut. Secara keseluruhan, 1.044 sekolah dengan jumlah peserta 40.479 siswa siap melaksanakan UN SMP. Damber menjelaskan, dinas pendidikan provinsi mulai melakukan distribusi naskah pada hari Senin 27 April 2015 pukul 08.00 WIB, dimulai dari lokasi sekolah terjauh. “Mudah-mudahan pendistribusian naskah soal UN yang dimulai dari lokasi terjauh ini tidak terjadi kendala, dan tidak terlambat,” harapnya.    

Menanggapi laporan persiapan pelaksanaan UN SMP dari berbagai provinsi tersebut, Mendikbud mengapresiasi para panitia pelaksana yang sudah berkontribusi dalam mempersiapkan UN dengan baik. “Alhamdulillah kita sudah dengarkan laporan persiapan penyelenggaraan UN SMP. Kita pastikan semua bisa disiplin mengikuti rencana kerja yang telah ditetapkan. Dengan begitu kita dapat menyukseskan pelaksanaan UN SMP tahun ini,” ucap Mendikbud.

Mendikbud berharap, para pelaksana ujian nasional SMP dapat mencegah kekacauan selama pelaksanaan ujian, khususnya yang berdampak pada isu kebocoran naskah UN. “Saya titipkan amanat ini agar bisa dijalankan dengan baik. Mari bersama-sama kita sukseskan pelaksanaan UN SMP,” pesan Mendikbud. (Seno Hartono)

Comments

comments