Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Agustus 20, 2019
Halaman Home » Entertainment » Pelawak Prapto Pempek “Siul” Ciri Khas Mpok Nori Menjadi Kesan Tersendiri
  • Follow Us!

Pelawak Prapto Pempek “Siul” Ciri Khas Mpok Nori Menjadi Kesan Tersendiri 

BERITA EKSPRES.COM  – “Siul” ciri khas gaya Nuri Sarinuri atau lebih dikenal dengan nama Mpok Nori menjadi kesan tersendiri bagi pelawak senior Prapto untuk mengenang kepergian seniman Betawi Mpok Nori di usia 84 tahun, Jumat (3/4/2015) sekitar pukul 08.10 WIB di Rumah Sakit Pasar Rebu, Jakarta Timur.

“Siul yang menjadi ciri khasnya itu yang berkesan bagi saya untuk mengenang sosok almarhum,” ujar Prapto ketika berbincang di Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Putih Indoenasia (YLBH-PI), Jumat (3/4) malam.

Pelawak yang dikenal dengan sebutan Prapto Pempek ini melanjutkan, Mpok Nori merupakan salah seorang sosok seniman yang memiliki sifat mengayomi dan masuk disemua lapisan dan tidak pilih-pilih dalam berteman baik dalam dunia seni ataupun dalam pergaulan hidupnya sehari-hari.Mpok Nori Suet

“Mpok Nori itu orangnya tidak pernah pilih-pilih dalam berteman dan dia memiliki sifat mengayomi dengan sesama seniman,” terangnya

Selama hidupnya sambung Prapto, sosok Mpok Nori dikenal sebagai seorang seniman Betawi yang masih terus aktif dengan kegiatan kebudayaan hingga usia senja. Mpok Nori, mengawali karir dari pentas Lenong Betawi sejak usia 14 tahun. Meski ketika akhirnya komedian senior tersebut terjun ke dunia sinetron, kesenian Betawi tidak pernah ditinggalkan.

Masih kata Prapto, Mpok Nori baru dikenal di dunia sinetron ketika ia bermain di “Pepesan Kosong” di usia yang sudah tidak muda lagi. Ia juga pernah terlibat dalam program komedi seperti OVJ dan selalu menampilkan gaya bicara dengan logat khas Betawi yang sangat kental,” terangnya.

Selama beberapa tahun terakhir lanjutnya, Mpok Nori memang sudah kerap dihinggapi penyakit. Di akhir 2013 ia pernah diberitakan terkena penyakit lambung, infeksi usus dan batu ginjal serta memilih pengobatan alternatif. “Beliau orang yang baik, ramah, dan tidak sombong. Benar-benar mendidik, enggak cuma ke anak cucu, tapi sesama seniman. Baik, sering kasih masukan,” tandasnya.Nori6

Diketahui, aktris sekaligus komedian itu pernah mendapat kehormatan menerima Lifetime Achievement Award dari acara “Selebration, Selebrita In Action” (2013). Acara komedi Opera Van Java juga menganugerahi penghargaan yang sama untuk Mpok Nori dalam OVJ Awards 2011.

Pada 2011, Mpok Nori mendapat penghargaan atas upayanya melestarikan komedi dan budaya Betawi. Penghargaan itu diberikan oleh Yayasan Komedi Betawi. Anugerah Lawak 2013 yang digelar oleh Persatuan Seniman Komedi Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada Mpok Nori atas dedikasinya di dunia lawak. Tak ketinggalan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga pernah memberikan penghargaan kepada Mpok Nori dalam perayaan Hari Kartini 2014. (red)

Comments

comments