Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, September 18, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Mendikbud Ajak Pelajar Jepang Berbagi Pengalaman Tentang Indonesia
  • Follow Us!

Mendikbud Ajak Pelajar Jepang Berbagi Pengalaman Tentang Indonesia 

BERITA JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, beserta jajarannya menerima 20 pelajar Jepang sebagai ASEAN Teenage Ambassadors dalam kunjungannya ke kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta. Dalam sambutannya, Mendikbud mengajak para pelajar tersebut untuk berbagi pengalaman ketika mengunjungi Indonesia kepada keluarga, sahabat, dan teman-temannya setelah kembali ke Jepang nanti serta tidak menutup kemungkinan untuk berbagi pengalaman kepada teman-temannya di Indonesia.

Mendikbud menyerukan, agar ketika datang ke sebuah tempat membawa sebuah pesan dan saat kembali ke tempat asal pun membawa pesan yang lainnya. Hal ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk diplomasi. “Bagikan pengalaman dan buat temanmu serta temanmu yang lebih muda agar mau menjadi sepertimu. Cerita dan pengalamanmu akan memberikan inspirasi bagi banyak orang,” katanya saat menerima kunjungan 20 pelajar Jepang di kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Mendikbud mengatakan, menghabiskan waktu di Indonesia adalah sebuah pengalaman. Mendikbud percaya bahwa pengalaman berada di Indonesia ini tidak akan terlupakan oleh para pelajar Jepang. “Saya berharap suatu hari kita bertemu kembali dan anda akan mengatakan saya pernah bertemu dengan bapak di Kementerian Pendidikan tahun 2015,” ujarnya.

Kunjungan 20 pelajar Jepang ke Indonesia tersebut merupakan salah satu program pertukaran budaya yang diusung oleh Aeon 1% Club Foundation sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibilities). Mendikbud menyampaikan, atas nama pemerintah Indonesia kami mengapresiasi program ini dan berharap ada keberlanjutan di tahun-tahun mendatang. Program ini, kata dia, merupakan kelanjutan dalam proses penguatan hubungan antara kedua negara. “Saya berharap para pelajar yang berpartisipasi dalam program ini pun mendapatkan keuntungan yang banyak,” tuturnya. (Agi Bahari)

Comments

comments