Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Juli 21, 2019
Halaman Home » Lifestyle » Pertahankan Minuman Tradisional Betawi, Bir Pletok “Baba Nongkin” Hadir di Acara Kegiatan Pemerintah
  • Follow Us!

Pertahankan Minuman Tradisional Betawi, Bir Pletok “Baba Nongkin” Hadir di Acara Kegiatan Pemerintah 

BIR PLETOK adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi dan serai. Miuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang yang akan memberikan warna merah bila di seduh dengan air panas.

Walaupun menggunakan kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengkonsumsi pada malam hari sebagai penghangat tubuh.

Di Bekasi misalnya ditemui pengrajin minuman bir pletok milik “BABA NONGKIN Minuman yang sedianya di jual diwarung warung khas Betawi ini, kali ini ditemui sedang menjajakan dagangannya di acara kegiatan pemerintah.

Saat ditemui Beritaekspres.com Kimung mengatakan, minuman khas Betawi ini harus tetap diperkenalkan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. “Ini minuman khas Betawi, jadi pejabat pemerintahan di Bekasi juga wajib kita kenalkan dengan minuman ini, karena minuman ini masih sangat jarang bisa kita temui di warung – warung,” katanya.

Selain itu tambahnya, untuk tetap menjaga kelestarian minuman khas tradisional Betawi ini kepada masyarakat, perlu diketahui juga minuman ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh dalam beraktivitas sehari – hari,” pungkasnya. (Ricky Greget)

Comments

comments