Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Oktober 22, 2019
Halaman Home » Lifestyle » Tingkatkan Wisata Bahari, 100 Marina Siap Dibangun
  • Follow Us!

Tingkatkan Wisata Bahari, 100 Marina Siap Dibangun 

AKSES merupakan hal penting dalam pembangunan pariwisata Indonesia. Salah satunya, pembangunan marina.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengaku bila pemerintah akan membangun 100 marina serta 10 pelabuhan kapal pesiar /cruise port yang memungkinkan untuk menampung 800 call atau trip, serta 45 destinasi selam.

“Akan ada 100 marina baru yang akan dibangun serta 10 pelabuhan baru yang siap menampung cruise dari seluruh dunia yang datang ke Indonesia,” jelas Arief Yahya di acara Seminar Forum Wartawan Pariwisata bertema Peningkatan Konektivitas Pulau-Pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari di Jakarta, baru-baru ini.

Arief menjelaskan sebanyak 25 destinasi wisata selam juga akan dikembangkan sampai akhir 2015 di samping pembangunan marina di sejumlah daerah yang memungkinkan 750 kapal untuk bersandar, serta 400call atau trip untuk cruise port.

“Sebagian besar wisman meminati wisata pantai lalu yacht, kemudian cruise dan selam,” bebernya.

Mantan dirut Telkom ini mengakui Indonesia belum secara optimal memanfaatkan wisata bahari sebagai sumber devisa padahal banyak negara lain sudah mengoptimalkannya.

Ia mencontohkan Queensland, Australia dengan panjang pangai 2.100 km bisa meraup devisa dari wisata bahari 3 miliar dolar AS pada 2012.

“Indonesia dengan garis pantai sepanjang 95.181 km kontribusi wisata baharinya hanya satu miliar dolar AS,” tutupnya. (jjs)

Sumber : Okezone

Comments

comments