Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, November 12, 2019
Halaman Home » Lifestyle » Latihan Mata untuk Kemampuan Melihat Lebih Baik
  • Follow Us!

Latihan Mata untuk Kemampuan Melihat Lebih Baik 

SALAH satu yang menyebabkan keluhan pada mata adalah kurangnya otot-otot mata dilatih. Seluruh otot pada mata perlu dikontrol dan dilatih untuk mendukung kemampuan penglihatan, meskipun cukup membutuhkan kerja keras.

Paparan polusi yang konstan, sinar tajam dari penggunaan televisi dan komputer, kurang tidur, dan kebiasaan makan buruk, semua menjadi faktor yang mendukung memburuknya kondisi kesehatan mata. Salah satu cara untuk mengantisipasi ini adalah dengan latihan mata.

Latihan yoga penglihatan, contohnya. Latihan ini melibatkan gerakan seperti pemijatan bola mata, pelatihan otot yang mengontrol pergerakan mata, dan penenangan pada organ mata kita yang terlalu lama bekerja keras.

“Saat Anda melakukan yoga pada mata, Anda melatih otot sadar (otot yang menjaga bola mata di tempatnya) dan juga otot tak sadar (seperti otot siliaris dan oblik yang mengontrol pergerakan mata),” kata Viram Agrawal, pelatih yoga penglihatan, seperti dilansir dari Timesofindia, Rabu (11/3/2015).

Agrawal mengklaim, rutinitas yoga penglihatan dapat mengurangi masalah refraksi mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, astigmatis, termasuk mata malas, nistagmus (pergerakan mata cepat), dan masalah retina.

Menariknya, sebagaimana yoga pada umumnya, ini juga dapat sekaligus membantu mengatasi stres.

“Apakah Anda pernah merasa telah mengistirahatkan tubuh Anda tapi Anda masih merasa kelelahan? Itu karena mata tidak pernah berhenti bekerja dan membangun stres dalam tubuh,” ujarnya.

Untuk mengatasi ini, Agrawal menyarankan latihan berikut yang dapat Anda lakukan kapan saja, yaitu memandang ke titik jauh dengan mengedip setiap dua menit sekali setiap 30 menit. Tutup mata Anda dengan telapak tangan selama lima menit setiap jam. Dan pastikan layar komputer kerja Anda di bawah garis mata untuk memastikan kelopak mata Anda sedikit menutup.

Selain itu, Agrawal juga memberitahukan tips latihan lainnya untuk mata Anda.

Berayun di bawah matahari

Ayunkan badan Anda dari satu sisi ke sisi lain dengan mata tertutup di depan atau di bawah sinar matahari. Lakukan ini selama lima menit untuk memberi efek pijatan pada mata.

Latihan pendulum

Buat mata Anda fokus dari satu sisi ke sisi lain dengan bantuan pendulum. Ini bermanfaat untuk melatih otot oblik yang berfungsi untuk pergerakan mata dan juga untuk kemampuan lensa untuk fokus.

Cuci mata

Celupkan mata Anda yang terbuka ke dalam wadah berisi air dan kedip selama 10 kali. Latihan ini dapat mengencangkan otot sadar dan tidak sadar. (yac)

Sumber : Okezone

Comments

comments